Optimalisasi Bukaan Median dan Dampaknya terhadap Arus Lalu Lintas di Jalan Teuku Umar - Banda Aceh

Penulis

  • Heru Pramanda Universitas Iskandar Muda
  • Rendy Maulana Universitas Iskandar Muda
  • Muhajjir Muhajjir Universitas Iskandar Muda
  • M Reza Hani Universitas Iskandar Muda
  • Azzaki Mubarak Universitas Iskandar Muda

DOI:

https://doi.org/10.55616/prince.v4i1.937

Kata Kunci:

U-Turn, Bukaan Median, Karakteristik Arus Lalu Lintas, kemacetan, Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI)

Abstrak

Untuk mengakomodir pergerakan lalu lintas, pada ruas jalan dimungkinkan memiliki beberapa titik bukaan median yang memungkinkan kendaraan merubah arah perjalanan berupa gerakan putar balik arah atau diistilahkan sebagai gerakan U-Turn. Kendaraan saat melakukan gerak U-Turn pada bukaan median membutuhkan lebih banyak waktu, sehingga berakibat tertundanya pengguna jalan baik yang searah maupun berlawanan arah. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana pengaruh Gerak U-Turn pada bukaan median terhadap karakteristik arus lalu lintas Di Ruang Jalan Teuku Umar Banda Aceh (Studi Kasus Depan Pasar Seutui). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa waktu tempuh rata-rata kendaraan yang akan melakukan U-Turn, panjang antrian saat melakukan U-Turn, serta waktu tempuh rata-rata kendaraan yang terganggu dan tidak terganggu akibat U-Turn dan untuk mengetahui tingkat pelayanan pada jalan Teuku Umar. Manfaat dari penelitian ini adalah dapat memperkaya pengalaman dan dapat dijadikan tambahan referensi untuk melakukan studi mengenai kemacetan lalu lintas, khususnya pada area bukaan median jalan Di Ruang Jalan Teuku Umar Banda Aceh. Metode yang digunakan pada peneleitian ini adalah Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Hasil yang diperoleh dari penelitian ini jumlah volume arus lalu lintas kendaraan (Qtotal) dari arah Sp. Tiga menuju Sp. Jam 1546 smp/jam sedangkan arah Sp. jam menuju Sp. Tiga 1685 smp/jam. Dengan nilai derajat kejenuhan (DS) Sp. Tiga – Sp. Jam 0,43 dan arah Sp. Jam – Sp. Tiga 0,47 sehingga dikategorikan tingkat pelayanan level of service (LOS)  C maka kondisi jalan tersebut memiliki arus yang stabil, kecepatan dipengaruhi oleh lalu lintas dan volume pelayanan jalan sesuai untuk perencanaan jalan kota. Nilai Kapasitas jalan di dalam kondisi aman serta sanggup menampung arus pada jalan tersebut dikarenakan nilai kapasitas perhitungan diperoleh sebesar 3607 smp/jam belum melebihi dari nilai kapasitas dasar yaitu sebesar 4950 smp/jam.

Referensi

Abdillah, N., Putra, S. A., & Srihandayani, S. (2022). Pengaruh Gerak U-Turn pada Bukaan Median Terhadap Karakteristik Arus Lalu Lintas di Ruas Jalan (Studi Kasus: Jalan Jendral Sudirman dan Jalan Sultan Syarif Kasim Kota Dumai). Sinarint, 7(13), 587–595.

Ariwinata. (2015). Bukaan Median Pada Ruas Jalan Dibangun Untuk Melayani Gerak Balik Arah (UTurn) Bagi Kendaraan Yang Akan Berputar Arah. Jurnal Teknik Sipil.

Cintya, C., & Prihutomo, N. B. (2021). Analisis Kinerja U-Turn (Putar Balik) Di Ruas Jalan Transyogi Cibubur. Seminar Nasional Teknik Sipil Politeknik Negeri Jakarta.

Dharmawan, W. ., & Oktarina, D. (2013). Kajian Putar Balik (U-Turn) Terhadap Kemacetan Ruas Jalan Di Perkotaan (Studi Kasus Ruas Jalan Teuku Umar Kota Bandar Lampung). Konferensi Nasional Teknik Sipil 7 (KoNTekS 7).

Erick A. P., 2013. Pengaruh Gerak U-Turn Pada Bukaan Median Terhadap Karakteristik Arus Lalu Lintas Di Ruas Jalan Kota (Studi Kasus: Jl. Sisingamangaraja Medan). Universitas Sumatera Utara, Medan

Gumilar, R. D., Widodo, S., & Mayuni, S. (2021). Evaluasi U-Turn Ruas Jalan Arteri Supadio Kabupaten Kubu Raya. Jurnal Transformation, 2(3), 1–8.

Kassan M., Mashuri, dan Listiawati H., (2005). Pengaruh U-Turn Terhadap Karakteristik Arus Lalu Lintas di Ruas Jalan Kota Palu. Universitas Tadulako, Palu.

Lionardo, & Sari, Y. A. (2022). Pengaruh Gerak U-Turn Pada Bukaan Median Terhadap Karakteristik Arus Lalu Lintas Di Ruas Jalan Raja H. Fisabilillah. Jurnal Teknik Sipil, 16(4), 302–311.

Meylinda. (2022). Evaluasi Kinerja Fasilitas Putaran Balik (U-Turn) Pada Segmen Jalan Padat Karya 1 Kabupaten Tana Tidung. Program Studi Diploma III Manajemen Transportasi Jalan Politeknik Transportasi Darat Indonesia - STTD Bekasi.

MKJI. (1997). Manual Kapasitas Jalan Indonesia.

Siregar, D. S. (2021). Impresi Gerakan U-Turn Terhadap Kinerja Lalu Lintas Di Ruas Jalan Jenderal Besar A.H. Nasution (Studi Kasus). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik [JIMT], 1(4), 1–10.

Sukirman, S. (1994). Dasar-Dasar Perencanaan Geometrik Jalan Raya. Nova.

Utari, A. (2018). Pengaruh Gerakan U-Turn Pada Bukaan Media Terhadap Kinerja Lalu Lintas Ruas Jalan Laksda Adisutjipto Km.5 - km. 6,5. Skripsi Prodi Teknik Sipil Unmuh Sumatera Utara.

Widyanto. (2015). Analisis Kinerja Putaran Balik (U-TURN) (Studi Kasus: U-Turn Jalan Lingkar Utara Yogyakarta. Universitas Gajah Mada.

Yogi, Kadarini, & Nurlaily, S. (2021). Evaluasi U Turn (Putaran Balik) Pada Ruas Jalan Tanjungpura Pontianak. Jurnal Teknik Sipil Universitas Abdurrab, 1(1), 1–8.

Diterbitkan

2025-03-27

Cara Mengutip

Pramanda, H., Maulana, R., Muhajjir, M., Hani, M. R., & Mubarak, A. (2025). Optimalisasi Bukaan Median dan Dampaknya terhadap Arus Lalu Lintas di Jalan Teuku Umar - Banda Aceh. Journal of Planning and Research in Civil Engineering, 4(1), 542-548. https://doi.org/10.55616/prince.v4i1.937

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama