Tinjauan U-Turn Terhadap Kinerja Arus Lalu Lintas Pada Ruas Jalan Tentara Pelajar, Merduati, Kota Banda Aceh

Authors

  • Bunyamin Bunyamin Universitas Iskandar Muda
  • Putri Zahara Phonna Universitas Iskandar Muda
  • Heru Pramanda Universitas Iskandar Muda
  • Dedek Ariansyah Universitas Iskandar Muda
  • Jefriza Jefriza Universitas Iskandar Muda

DOI:

https://doi.org/10.55616/prince.v4i1.935

Keywords:

Arus Lalu Lintas, Kecepatan, U-Turn, Volume Lalu Lintas

Abstract

Pertumbuhan penduduk dan ekonomi di Kota Banda Aceh mengakibatkan perpindahan besar-besaran dari desa ke kota. Kondisi ini menuntut penyediaan infrastruktur jalan yang memadai untuk memastikan kelancaran pergerakan. Namun, tingginya volume lalu lintas sering kali menimbulkan konflik di persimpangan dan U- Turn. Salah satunya adalah di ruas Jalan Tentara Pelajar, Merduati, Kota Banda Aceh, di mana beberapa kendaraan mengalami kesulitan dalam melakukan manuver U-Turn secara lancar. Penelitian ini bertujuan untuk memahami karakteristik arus lalu lintas dan pengaruh fasilitas U-Turn terhadap arus lalu lintas di bukaan median jalan. Penelitian ini dilaksanakan dengan berpedoman kepada MKJI 1997. Data dari penelitian ini diolah dan dianalisis untuk mengevaluasi pengaruh U-Turn terhadap kecepatan, kepadatan dan volume lalu lintas. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa volume lalu lintas tertinggi terjadi pukul 17.00-18.00 WIB di berbagai hari pengamatan. Pada hari senin, volume tertinggi mencapai 1269,10 smp/jam serta pada hari kamis dan minggu, volume tertinggi masing-masing adalah 1207,70 smp/jam dan 1251,75 smp/jam. Kecepatan terendah pada arus terganggu tercatat pada hari kamis, sebesar 13,14 km/jam. Kemudian Kepadatan tertinggi terjadi pada hari kamis, untuk arus terganggu adalah 164,78 kend/km. Nilai derajat kejenuhan yaitu pada hari senin mewakili volume kendaraan tertinggi didapatkan DS < 0,75 yaitu sebesar 0,45, sehingga Tingkat Pelayanannya (LOS) dikategorikan C: 0,45 - 0,74 Arus stabil, kecepatan. Hal ini menunjukkan bahwa U- Turn mempengaruhi distribusi lalu lintas secara signifikan, terutama pada jam-jam puncak.

References

A. de Rozari and Y. H. Wibowo, “Faktor-faktor yang menyebabkan kemacetan lalu lintas di jalan utama Kota Surabaya (Studi Kasus Di Jalan Ahmad Yani Dan Raya Darmo Surabaya),” JPAP J. Penelit. Adm. Publik, vol. 1, no. 01, 2015.

A. Nugroho and N. Nicholas, “Kinerja Pelayanan Infrastruktur Jalan Nasional Di Kawasan Wisata,” J. Proy. Tek. Sipil, vol. 1, no. 1, pp. 15–20, 2018.

Y. T. Utami, T. Ariyadi, and S. Mayuni, “Kajian Putar Balik (U-Turn) Terhadap Arus Lalu Lintas (Studi Kasus: Jalan Gajah Mada Pontianak),” JeLAST J. Tek. Kelautan, PWK, Sipil, dan Tambang, vol. 5, no. 2, 2018.

Y. A. Sari and others, “Pengaruh Gerak U-Turn Pada Bukaan Median Terhadap Karakteristik Arus Lalu Lintas Di Ruas Jalan Raja H. Fisabililah,” J. Tek. Sipil, vol. 16, no. 4, pp. 302–311, 2022.

D. P. Wibowo and S. Anjarwati, “Analisis Kinerja Jalan Dr. Angka dan Pengaruh Pemberian Median Jalan Purwokerto,” Sainteks, vol. 17, no. 2, pp. 95–101, 2021.

S. H. Halim, “Kajian Putar Balik (U-Turn) Terhadap Kinerja Arus Lalu Lintas (Studi Kasus Jl. Ibrahim Adjie Kota Bandung),” J. Media Teknol., vol. 7, no. 2, pp. 109–124, 2021.

G. Gautama, F. H. Jaya, and D. Meriska, “Analisis Pengaruh U-Turn Terhadap Karakteristik Arus Lalu Lintas,” Tek. Sains J. Ilmu Tek., vol. 6, no. 2, pp. 77–83, 2021.

G. Sumarda, I. M. Kariyana, and D. Saputra, “Analisa Kinerja U-Turn Dan Ruas Jalan Di Jalan By Pass Ngurah Rai Denpasar,” J. Tek. Gradien, vol. 11, no. 1, pp. 32–45, 2019.

K. Khairulnas, V. Trisep Haris, and W. Winayati, “Analisis Derajat Kejenuhan dan Tingkat Pelayanan Jalan Sudiman Kota Pekanbaru,” J. Tek., vol. 12, no. 2, pp. 148–154, 2018.

D. P. U. R. Indonesia and D. J. B. Marga, “Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI),” Man. Kapasitas Jalan Indones., 1997.

R. Anisari, “Analisa Kapasitas Jalan Dan Derajat Kejenuhan Berdasarkan Survey Lalu Lintas Harian Rata-Rata Di Kabupaten Paser Kalimantan Timur,” J. Gradasi Tek. Sipil, vol. 1, no. 2, pp. 62–69, 2017.

H. Erliana, C. L. Yusra, and F. Rizka, “Analisis Kinerja Jalan Pada Ruas Jalan Lintas Meulaboh--Tapak Tuan Kabupaten Nagan Raya,” VOCATECH Vocat. Educ. Technol. J., vol. 2, no. 1, pp. 1–10, 2020.

S. Bestari, M. Selintung, and L. A. Marlina, “Analisis Kinerja Lalu Lintas Jalan Pengayoman Pada Segmen Jl. Bougenville-Jl. Adyaksa,” Paulus Civ. Eng. J., vol. 5, no. 3, pp. 457–466, 2023.

J. Adwang, “Tinjauan geometrik jalan pada ruas Jalan Airmadidi-Tondano menggunakan alat bantu GPS,” Tekno, vol. 18, no. 74, 2020.

M. N. Shiky, R. J. Simbolon, I. Ismiyati, and E. E. Yuliproyono, “Analisis Karakteristik Volume Lalu Lintas Di Jalan Tol Semarang,” J. Karya Tek. Sipil, vol. 5, no. 2, pp. 94–104, 2016.

A. Kumalawati, S. Utomo, J. H. Frans, and J. K. Nasjono, “Hubungan Volume dan Kecepatan Lalu Lintas Terhadap Kinerja Jalan Ahmad Yani Kota Kupang,” J. Tek. Sipil, vol. 10, no. 2, pp. 139–150, 2021.

Published

2025-03-27

How to Cite

Bunyamin, B., Putri Zahara Phonna, Pramanda, H. ., Ariansyah, D., & Jefriza, J. (2025). Tinjauan U-Turn Terhadap Kinerja Arus Lalu Lintas Pada Ruas Jalan Tentara Pelajar, Merduati, Kota Banda Aceh. Journal of Planning and Research in Civil Engineering, 4(1), 520-529. https://doi.org/10.55616/prince.v4i1.935

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)