Dampak U-Turn terhadap Kelancaran Pengguna Flyover di Simpang Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.55616/prince.v4i1.938Keywords:
U-turn, SPSS, Regresi Linier Berganda, Uji f, Uji t, uji korelasiAbstract
Peningkatan prasarana transportasi dilakukan dalam beberapa bentuk misalnya penataan system transportasi secara terpadu, termasuk pada ruas jalan dapat dilakukan pemasangan median yang juga diikuti dengan pembukaan jalan berupa U-Turn. Fasilitas U-Turn tidak secara keseluruhan mengatasi masalah konflik, sebab U-Turn itu sendiri akan menimbulkan permasalahan konflik tersendiri. Kota Banda Aceh sebagai kota dengan tingkat kepadatan penduduk yang tinggi, memiliki masalah kemacetan di berbagai titik. Salah satunya di Simpang Surabaya. Walaupun pemerintah telah mengupayakan masalah penataan tarnsportasi di daerah tersebut dengan pembangunan flyover, namun, perlu dipelajari dampak dari pembangunan flyover, terutama terkait dengan penggunaan jalan pada persimpangan tanjakan dan turunan flyover. Tidak dapat dipungkiri adanya U-Turn di area flyover memberi dampak bagi pola pergerakan kendaraan. Penelitian difokuskan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh U-Turn bagi pergerakan kendaraan di area flyover Simpang Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, yang digunakan untuk meneliti dengan menggunakan angka dan statistik dalam pengumpulan serta analisis data yang dapat diukur. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Pengolahan data dilakukan dengan Statistical Product and Service Solution (SPSS), berupa metode analisis linear berganda, koefisien determinasi, uji F, uji t, dan menentukan uji korelasi. Dari hasil penelitian pengaruh u-turn terhadap pengguna flyover pada Simpang Surabaya sangat berpengaruh, didapatkan model yang terbaik yaitu Y = 0,724 X8 + 0,795 X10 + 0,896 X11, merupakan model regresi yang sesuai menggambarkan pengaruh 3 (tiga) variabel bebas, Cuaca (X8), Pengaruh Waktu Perjalanan (X10) dan Opsi Alternatif Rekayasa (X11) yang secara bersamaan mempengaruhi pengguna kendaraan (Y).
References
Abdillah, N., Putra, S. A., & Srihandayani, S. (2022). Pengaruh Gerak U-Turn pada Bukaan Median Terhadap Karakteristik Arus Lalu Lintas di Ruas Jalan (Studi Kasus: Jalan Jendral Sudirman dan Jalan Sultan Syarif Kasim Kota Dumai). Sinarint, 7(13), 587–595.
Ariwinata. (2015). Bukaan Median Pada Ruas Jalan Dibangun Untuk Melayani Gerak Balik Arah (UTurn) Bagi Kendaraan Yang Akan Berputar Arah. Jurnal Teknik Sipil.
Cintya, C., & Prihutomo, N. B. (2021). Analisis Kinerja U-Turn (Putar Balik) Di Ruas Jalan Transyogi Cibubur. Seminar Nasional Teknik Sipil Politeknik Negeri Jakarta.
Dharmawan, W. ., & Oktarina, D. (2013). Kajian Putar Balik (U-Turn) Terhadap Kemacetan Ruas Jalan Di Perkotaan (Studi Kasus Ruas Jalan Teuku Umar Kota Bandar Lampung). Konferensi Nasional Teknik Sipil 7 (KoNTekS 7).
Erick A. P., 2013. Pengaruh Gerak U-Turn Pada Bukaan Median Terhadap Karakteristik Arus Lalu Lintas Di Ruas Jalan Kota (Studi Kasus: Jl. Sisingamangaraja Medan). Universitas Sumatera Utara, Medan
Gumilar, R. D., Widodo, S., & Mayuni, S. (2021). Evaluasi U-Turn Ruas Jalan Arteri Supadio Kabupaten Kubu Raya. Jurnal Transformation, 2(3), 1–8.
Kassan M., Mashuri, dan Listiawati H., (2005). Pengaruh U-Turn Terhadap Karakteristik Arus Lalu Lintas di Ruas Jalan Kota Palu. Universitas Tadulako, Palu.
Lionardo, & Sari, Y. A. (2022). Pengaruh Gerak U-Turn Pada Bukaan Median Terhadap Karakteristik Arus Lalu Lintas Di Ruas Jalan Raja H. Fisabilillah. Jurnal Teknik Sipil, 16(4), 302–311.
Meylinda. (2022). Evaluasi Kinerja Fasilitas Putaran Balik (U-Turn) Pada Segmen Jalan Padat Karya 1 Kabupaten Tana Tidung. Program Studi Diploma III Manajemen Transportasi Jalan Politeknik Transportasi Darat Indonesia - STTD Bekasi.
MKJI. (1997). Manual Kapasitas Jalan Indonesia.
Siregar, D. S. (2021). Impresi Gerakan U-Turn Terhadap Kinerja Lalu Lintas Di Ruas Jalan Jenderal Besar A.H. Nasution (Studi Kasus). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik [JIMT], 1(4), 1–10.
Sukirman, S. (1994). Dasar-Dasar Perencanaan Geometrik Jalan Raya. Nova.
Utari, A. (2018). Pengaruh Gerakan U-Turn Pada Bukaan Media Terhadap Kinerja Lalu Lintas Ruas Jalan Laksda Adisutjipto Km.5 - km. 6,5. Skripsi Prodi Teknik Sipil Unmuh Sumatera Utara.
Widyanto. (2015). Analisis Kinerja Putaran Balik (U-TURN) (Studi Kasus: U-Turn Jalan Lingkar Utara Yogyakarta. Universitas Gajah Mada.
Yogi, Kadarini, & Nurlaily, S. (2021). Evaluasi U Turn (Putaran Balik) Pada Ruas Jalan Tanjungpura Pontianak. Jurnal Teknik Sipil Universitas Abdurrab, 1(1), 1–8.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2025 PRINCE : Journal of Planning and Research in Civil Engineering

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.