Model Pengaruh Sikap Pengendara Sepeda Motor Terhadap Peraturan Lalu Lintas di Kota Banda Aceh

Authors

  • Taufik Maulana Pelajar/Masiswa
  • Febrina Dian Kurniasari Universitas Iskandar Muda
  • Heru Pramanda Universitas Iskandar Muda

DOI:

https://doi.org/10.55616/prince.v2i3.509

Keywords:

Pengendara Sepeda Motor, Peraturan Lalu Lintas, SPSS 26, Regresi Linier, Random Sampling

Abstract

Keselamatan dalam berlalu lintas sangat dipengaruhi oleh perilaku pengendara sepeda motor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh sikap pengendara terhadap peraturan lalu lintas di wilayah Kota Banda Aceh dan untuk mengetahui aspek mana yang paling dominan berpengaruh terhadap peraturan lalu lintas di wilayah Kota Banda Aceh. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah variabel dari aspek apa saja yang mempengaruhi peraturan lalu lintas di wilayah Kota Banda Aceh dan faktor aspek apa yang paling dominan yang berpengaruh terhadap peraturan lalu lintas di wilayah Kota Banda Aceh. Pengolahan data menggunakan metode Analisis Data Statistik Deskriptif dan Hipotesis dengan bantuan aplikasi SPSS Versi 26.  Hasil uji analisis regresi berganda menunjukkan nilai koefisien regresi untuk variabel independent jika mengalami kenaikan 1% maka pengendara motor akan naik dengan asumsi variabel independen lainnya dianggap konstan. Hasil uji dominan nilai beta terbesar dimiliki oleh aspek kelalaian yaitu 0.329 dengan  sebesar 4.608. Jadi aspek sikap menjadi variabel yang paling dominan dalam mempengaruhi besarnya peraturan lalu lintas di Kota Banda Aceh.

References

Sugiyono, 2014. “Pengertian Ukuran Sampel”, Malang: Polinema Press.

Sugiyono, 2014, “Teknik Sampling”. Vol.1 no.2

Arikunto Suharsimi, Pengertian pengukuran reliabilitas. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta, 2006.

Sugiyono, “ Statistik Deskriptif”, vol.1 no.2, 2015

Rismawan, E. (2009). “Statistik Deskriptif”. Jakarta: Pena Terbit.

Abbott, L.J., and Parker, S 1995. Audit Committee Characteristic and Auditor Switches. Research in Accounting Regulation. Vol. 15. pp 151-165 Adi, Rianto, 2021, “Metodologi Penelitian Teknik”, Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Ajzen, I. (2005). Attitudes, Personality, and Behavior. 2nd Edition. New York: Open University Press.

Anggrasena, B. 2020. “Strategi Penegakan Hukum dalam Rangka Meningkatkan Keselamatan Lalu Lintas dan Mewujudkan Masyarakat Patuh Hukum”. Yogyakarta

Arikunto Suharsimi, Manajemen Penelitian, Edisi Revisi. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta, 2006.

} Arliman, Laurensius, 2015, “Penegakan Hukum dan Kesadaran Masyarakat dalam Berlalu Lintas”, Yogyakarta: Deepublish.

} Azis, R. & Asrul, 2018, “Pengantar Sistem dan Perencanaan Lalu lintas Transportasi’, Yogyakarta: Deepublish.

Eka, Bambang P. (2012). “Faktor penyebab pelanggaran lalu lintas oleh pengendara sepeda motor di kuningan”. Skripsi. Universitas Negeri Semarang

Hamzah, Andi, 2017, “Hukum Pidana Indonesia”, Jakarta: Sinar Grafika.

Malik, Abdul. 2018. “Pembinaan Kesadaran Hukum dalam Bidang Lalu Lintas”. Seminar Nasional Kesadaran Hukum Masyarakat Jalan Raya, Yogyakarta: Fakultas Hukum UII.

Sarry, Y. P., & Widodo, H. 2018. “Upaya Polisi Lalu Lintas Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Berlalu Lintas Pengendara Bermotor (Studi Deskriptif Terhadap Program Kanalisasi Lajur Kiri Pada Satlantas”. Polrestabes Surabaya).

Tahir, A. 2016. “Studi penyebab kecenderungan pelanggaran lalu lintas”. Bandung, Penerbit: literasi

Wesli.2016. “Pengaruh Pengetahuan Berkendaraan Terhadap Perilaku Pengendara Sepeda Motor Menggunakan Structural Equation Model (SEM)”.https://teras.unimal.ac.id/index.php/teras/article/view/6/0. Diakses Tanggal 22 Juni 2022.

Published

2023-11-30

How to Cite

Maulana, T., Febrina Dian Kurniasari, & Heru Pramanda. (2023). Model Pengaruh Sikap Pengendara Sepeda Motor Terhadap Peraturan Lalu Lintas di Kota Banda Aceh. Journal of Planning and Research in Civil Engineering, 2(3), 236-247. https://doi.org/10.55616/prince.v2i3.509

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)