Evaluasi Kinerja Persimpangan Akibat Adanya Fly Over Simpang Surabaya Terhadap Arus Lalu Lintas

Authors

  • Akhiar Mahendra Universitas Iskandar Muda
  • Heru Pramanda Universitas Iskandar Muda
  • Munirul Hady Universitas Iskandar Muda

DOI:

https://doi.org/10.55616/prince.v3i1.718

Keywords:

Fly Over, Kapasitas, Simpang Bersinyal, Tundaan, MKJI 1997

Abstract

Salah satu titik kemacetan persimpangan kota Banda Aceh terletak pada ruas Jalan Tgk. Chik Ditiro sebelah Barat Menuju Masjid Raya Baiturrahman, Jalan Tgk. Imuem Luengbata sebelah Timur Menuju Luengbata, jalan T. Hasan Dek sebelah Utara Menuju Jambo tape dan jalan Dr.Mr. Mohd Hasan sebelah Selatan menuju Batoh yang di kenal dengan Simpang Surabaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk dapat mengetahuiperanan dari fly over Simpang Surabaya serta dampak adanya fly over terhadap kinerja persimpangan pada saat ini. Dalam hal ini ruang lingkup permasalahan dibatasi pada Volume Lalu Lintas, Kapasitas Simpang dan Tundaan/Delay. Penelitian yang dilakukan adalah dengan melakukan survei di lapangan untuk mendapat data primer dan data sekunder. Kinerja Simpang Bersinyal diolah dengan menggukan acuan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997, Menghitung nilai parameter kinerja simpang Surabaya berdasarkan jam sibuk selama 3 Hari yaitu Senin, Kamis dan Sabtu, dengan periode waktu 2 jam saat pagi, siang dan sore hari, sehingga menjadi bahan pertimbangan untuk penelitian– penelitian selanjutnya yang berhubungan dengan kinerja persimpangan akibat adanya Fly Over. setelah dilakukan survey maka simpang surabaya banda aceh di peroleh hasil volume tertinggi hari senin yaitu 2.472,6 kend/jam dengan rincian Volume lalulintas yang sudah di Ekivalensikan pada lengan Utara 1.180,1,Selatan 754,4, Barat 289,4, Timur 248,7. Kapasitas pada lengan Utara 1.929,52, Selatan 1.555,26, Barat 958,08, Timur 555,3. Lalu Derajat Kejenuhan (DS) Utara 0,61, Selatan 0,48, Barat 0,30, Timur 0,44. Dan Tundaan Utara 5,01, Selatan 5,01, Barat 5,01, Timur 5,01. Dengan mengkalikan total Volume lalu lintas dengan Tundaan maka di peroleh hasil tingkat kinerja Simpang atau Level Of Service (LOS)dengan nilai 20,04 dan termasuk dalam katagori (C) yang berarti Pergerakan yang kurang baik atau waktu siklus yang lebih Panjang.

References

Alamsyah, Alik. 2005. Rekayasa Lalu-lintas, Penerbit UMM, Malang.

Anonimus, 1997. Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI), Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Bina Marga, Jakarta.

Dedek Ariansyah¹, Sugiarto², Sofyan M Saleh, 2017. studi dampak lalu lintas Kawasan akibat pembangunan jalan layang (Fly Over) Simpang Surabaya dan jalan lintas bawah (underpass)

Kuta Alam, Banda Aceh

ASTM, “Annual Book of ASTM Standard 2004, Section 4, Volume 04.02, Concrete and Aggregates,” Int. Stand., 2004.

Fidel Miro. 2012. Pengantar Sistem Transportasi, Penerbit Erlangga, Jakarta

Jurnal Nanang Firmansyah dan Istiar, Studi Kelayakan Pembangunan Fly Over Di Dimpang Gedangan Sidoarjo Ditinjau Dari Segi Lalu Lintas Dan Ekonomi Jalan Raya, Jurusan Teknik Sipil, ITS.

Khisty, C. Jotin and Lall, B. Kent. 2003. Dasar-dasar Rekayasa Transportasi Jilid 3, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Morlok, Edward K, 1995. Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Peraturan Menteri Perhubungan Nomor KM 14, 2006, Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas, Menteri Perhubungan.

R. Warpani, Suwardjoko. 2002. Pengelolaan Lalu-lintas dan Angkutan Jalan,penerbit ITB, Bandung.

Sukirman, Silvia, 1999, Dasar-Dasar Perencanaan Geometrik Jalan, Nova, Bandung.

Tamin Z. Ofyar, 2008. Perencanaan dan Pemodelan Transportasi, Penerbit ITB, Bandung.

Mohd. Isa T. Ibrahim, Meliyana, Saifannur, 2015. analisis simpang bersinyal berlengan empat,Banda Aceh.

Sugiarto dan Nakatsuji, 2010, Chiang Mai Traffic Area Studies. Final Report, Asian Institute of Technology, Bangkok.

Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia No PM 75, 2015. Penyelenggaraan Analisis Dampak Lalu Lintas.

Anonim, 2006. Peraturan Menteri Perhubungan Nomor KM 14 Tahun 2006 Tentang Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas Di Jalan. Kementerian Perhubungan. Jakarta.

Published

2024-03-30

How to Cite

Mahendra, A. ., Heru Pramanda, & Munirul Hady. (2024). Evaluasi Kinerja Persimpangan Akibat Adanya Fly Over Simpang Surabaya Terhadap Arus Lalu Lintas. Journal of Planning and Research in Civil Engineering, 3(1), 354-363. https://doi.org/10.55616/prince.v3i1.718

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)