Pengaruh Media Math Board and Question Machine Terhadap Adversity Quotient Siswa
Keywords:
Media Math Board and Question machine, Adversity Quotient, Penjumlahan, Pengurangan.Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini guru masih belum menggunakan media yang mampu menarik minat belajar siswa pada pembelajaran matematika sehingga siswa kurang antusias dan aktif terhadap proses pembelajaran, siswa masih memiliki kesulitan dalam memahami materi pembelajaran dan menyelesaikan maupun memecahkan soal atau tugas yang sulit. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain only-posttest control gruop untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan media math board and questions machine terhadap adversity quotient. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa kelas I SDIT Permata Hati Tebing Tinggi yang terdiri dari 3 kelas yang berjumlah 85 siswa. Teknik pengambilan sampel secara acak sehingga terpilih kelas eksperimen IB yang berjumlah 30 siswa dan kelas kontrol IA berjumlah 30 siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan bentuk non tes yang berbentuk kusioner skala sikap yang digunakan untuk melihat adversity quotient siswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t. berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai Fhitung> Ftabel sehingga dapat disimpulkan adanya pengaruh yang signifikan media pembelajaran math board and question machine terhadap adversity quotient.
Published
Issue
Section
Authors who publish articles in Guree : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar agree to the following terms: