Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar https://ejournal.unida-aceh.ac.id/index.php/guree <ul> <li><strong>E-ISSN: <a href="https://manajemen-issn.brin.go.id/publish?param=20230613361673949" target="_blank" rel="noopener">2988-3083</a> (online)</strong></li> <li><strong>URL:</strong> <a href="https://ejournal.unida-aceh.ac.id/index.php/guree/index">https://ejournal.unida-aceh.ac.id/index.php/guree/index</a></li> </ul> <p><strong>Guree: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar</strong> diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Univesitas Iskandar Muda Banda Aceh. Jurnal ini terbit dua kali setahun pada bulan April dan Oktober. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar berkonsentrasi pada penelitian pada pembahasan tentang <strong>praktik</strong>, <strong>kebijakan</strong>, <strong>teori</strong>, <strong>isu-isu terkini</strong> dan masa depan di bidang pendidikan dan keguruan, membawa kepada para pembacanya temuan-temuan terbaru, terluas, dan terpenting di bidang pendidikan khususnya pendidikan dasar. </p> <p> </p> en-US <p>Authors who publish articles in Guree : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar agree to the following terms:</p> guree@unida-aceh.ac.id (Guree : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar) helmisuardi@unida-aceh.ac.id (Helmi Suardi) Sat, 29 Apr 2023 00:00:00 +0700 OJS 3.2.0.3 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PENGGUNAAN METODE JARIMATIKA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PENJUMLAHAN https://ejournal.unida-aceh.ac.id/index.php/guree/article/view/502 <p><strong><em>Abstract:</em></strong><em> This study aims to determine the increase in students' numeracy skills towards the use of the jarimatics method. From March 7 to April 7 2023, a study was performed at SD Negeri 65 Banda Aceh using the pre-experimental method, specifically utilizing pretest and posttest designs. The samples in this study were grade 1 students. Pretest and posttest data analysis was carried out to find out the ability to calculate the sum of students towards the jarimatics method. The results of the pretest and posttest gain values </em><em>??</em><em>for the addition material are 0.75 (high category) which means that the use of the jarimatics method can increase the ability to count additions. The conclusion of this study is that learning mathematics to add and subtract numbers 1-99 using the jarimatics method can improve the numeracy skills of grade 1 students at SD Negeri 65 Banda Aceh</em></p> <p><strong>Keywords:</strong> <em>Jarimatika Method, Counting Ability, Addition.</em></p> <p> </p> <p><strong>Ab</strong><strong>s</strong><strong>t</strong><strong>r</strong><strong>a</strong><strong>k</strong><strong>: </strong>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berhitung penjumlahan peserta didik setelah menggunakan metode jarimatika dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini didesain dengan mengambil observasi pre-test dan post-test, dan akan dihitung gain ternormalisasi untuk menentukan peningkatan kemampuan berhitung peserta didik setelah diterapkan metode jarimatika yang dilaksanakan di SD Negeri 65 Banda Aceh mulai dari tanggal 07 Maret hingga 7 April 2023. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1. Analisa data pretest dan posttest dilakukan untuk mengetahui kemampuan berhitung penjumlahan peserta didik terhaadap metode jarimatika. Hasil nilai <em>gain pretest </em> dan <em>posstest </em> untuk materi penjumlahan sebesar 0,75 (kategori tinggi) Ini berarti bahwa penggunaan metode jarimatika memiliki dampak positif pada peningkatan kemampuan berhitung penjumlahan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa metode jarimatika efektif dalam meningkatkan kemampuan berhitung penjumlahan bilangan 1-99 pada peserta didik kelas 1 SD Negeri 65 Banda Aceh. </p> <p><strong>K</strong><strong>a</strong><strong>t</strong><strong>a kunci: </strong><em>Metode Jarimatika</em><em>,Kemampuan Berhitung, Penjumlahan</em><em>.</em></p> Tati Alifah Ratnamaya, Fita Nelyza, Elly Rizki Diandita Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar https://ejournal.unida-aceh.ac.id/index.php/guree/article/view/502 Sat, 29 Apr 2023 00:00:00 +0700 PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS)BERBASIS KONTEKSTUAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI PERKALIAN https://ejournal.unida-aceh.ac.id/index.php/guree/article/view/503 <div style="text-align: justify;"> <p><strong><em>Abstract</em></strong><em>: The purpose of this study was to develop a contextual-based mathematics Student Worksheet (LKS) that could improve SD/MIN students' conceptual understanding of class II multiplication material. This research is a type of research and development which aims to produce products that are suitable for use in learning mathematics. This study used a development procedure adapted from EDDIE, according to the development procedure recommended by the Ministry of National Education. The steps in the development procedure include product analysis, initial product development, original validation and revision, small-scale field trials and product revision, and evaluation. In this study, the instruments used included LKS assessment questionnaires, test questions, and validation sheets. The data obtained were analyzed using descriptive statistical techniques. The results showed that the developed contextual-based mathematics worksheets met the eligibility criteria, such as being valid, effective, and practical. Valid based on an expert's assessment which shows that the quality of the LKS is in the valid and unrevised category with a percentage by media experts of 83% and material experts 87% and the LKS is in the very practical category with an average value of 4.4. In addition, the effectiveness of using worksheets on students' understanding of concepts has a good impact with an average student score of 80.4 and is categorized as complete in multiplication material. So that it can be concluded that the development of contextually based LKS is valid, feasible, practical and effective for use in learning at MIN 7 city of Banda Aceh.</em></p> <p><strong>Keywords</strong>: <em>Student Worksheets (LKS), Understanding Concepts, Multiplication</em><em>.</em></p> <p> </p> <p><strong>Abstrak</strong>: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) matematika berbasis kontekstual yang dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa SD/MIN pada materi perkalian kelas II. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (research and development) yang bertujuan untuk menghasilkan produk yang layak digunakan dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan prosedur pengembangan yang diadaptasi dari EDDIE, sesuai dengan prosedur pengembangan yang direkomendasikan oleh Depdiknas. Langkah-langkah dalam prosedur pengembangan tersebut mencakup analisis produk, pengembangan produk awal, validasi asli dan revisi, uji coba lapangan skala kecil dan revisi produk, dan evaluasi. Dalam penelitian ini, instrumen yang digunakan mencakup lembar angket penilaian LKS, soal tes, dan lembar validasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS matematika berbasis kontekstual yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kelayakan, seperti valid, efektif, dan praktis. Valid berdasarkan penilaian dari ahli yang menunjukan bahwa kualitas LKS termasuk kategori valid dan tidak direvisi dengan perentase oleh ahli media 83% dan ahli materi 87% serta LKS berkategori sangat praktis dengan nilai rata-rata 4,4. Selain itu, keefektifan penggunaan LKS terhadap pemahaman konsep siswa berdampak baik dengan capaian rata-rata nilai siswa 80,4 dan dikategorikan tuntas pada materi perkalian. Sehingga dapat dismpulkan bahwa pengembangan LKS berbasis kontekstual sudah valid, layak, praktis dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. MIN 7 kota Banda Aceh.</p> <p><strong>K</strong><strong>a</strong><strong>t</strong><strong>a kunci: </strong><em>Lembar Kerja Siswa ( LKS ), Pemahaman Konsep, Perkalian</em><em>.</em></p> </div> Elly Rizki Diandita, Karwi Arfona, Nena Puspita Sari Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar https://ejournal.unida-aceh.ac.id/index.php/guree/article/view/503 Sat, 29 Apr 2023 00:00:00 +0700 PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL PASAR-PASARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERKALIAN https://ejournal.unida-aceh.ac.id/index.php/guree/article/view/478 <p><strong>Abstract.</strong>The concept of multiplication is an abstract things, so it is not easy for elementary school students to understand it optimally without familiar context and visual aids. Related to this, a game is implemented that collaborates contextual approaches, cooperative learning, and meaningful learning through the application of traditional market games. In this game students act as sellers and buyers who directly apply the multiplication concept in simulating buying and selling transactions. This research will answer the problem of how to achieve student learning outcomes in the multiplication problem after implementing the traditional market games in fourth-grade students, besides that this research will answer the problem of whether the application of the traditional market games has a significant effect on student learning outcomes in fourth-grade students. This study uses a pre-experimental research method with the design of "the one shot case study". The population in this study is the learning outcomes of fourth-grade students at an elementary school located in Banda Aceh with a sample of one class consisting of 30 students. Retrieval of data using instruments such as test questions in the form of essay. Data were processed through statistical analysis paired sample t-test. The results of this study concluded that the application of traditional market games had a significant effect on student learning outcomes in the material for integer multiplication arithmetic operations, besides that the average score for achieving student learning outcomes was above the school's minimum average score limit.</p> <p><strong>Keywords</strong>: <em>Traditional Market Games, students’ learning outcomes, multiplication</em></p> <p><em> </em></p> <p><strong>Abstrak. </strong>Konsep perkalian merupakan konsep yang bersifat abstrak, sehingga tidak mudah bagi siswa sekolah dasar untuk memahami secara optimal tanpa adanya bantuan konteks dan alat peraga yang familiar. Terkait dengan hal itu, maka diterapkan suatu permainan yang mengkolaborasikan pendekatan kontekstual, pembelajaran kooperatif, dan pembelajaran bermakna dengan melalui penerapan permainan tradisional pasar-pasaran. Dalam permainan ini siswa berperan sebagai penjual dan pembeli yang secara langsung menerapkan konsep perkalian dalam melakukan simulasi transaksi jual beli. Penelitian ini mengangkat masalah tentang bagaiman pencapaian hasil belajar siswa pada materi perkalian setelah dilakukannya penerapan permainan tradisional pasar-pasaran di kelas IV SD, kemudian apakah penerapan permainan tradisional pasar-pasaran berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa di kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pre-eksperimen dengan desain “<em>the one shot case study”</em>. Populasi pada penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas IV di salah satu SD yang berlokasi di Banda Aceh dengan sampelnya satu kelas yang terdiri dari 30 siswa. Pengambilan data menggunakan instrumen berupa tes dalam bentuk soal uraian (essay). Data diolah melalui analisis statistik <em>paired sample t-test</em>. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa penerapan permainan tradisional pasar-pasaran berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi operasi hitung perkalian bilangan bulat, selain itu skor rata-rata pencapain hasil belajar siswa berada diatas batas skor rata-rata minimum sekolah</p> <p><strong>Kata Kunci</strong>: <em>Permainan Tradisional Pasar-Pasaran, Hasil Belajar, Perkalian bilangan bulat</em></p> Martines Martines, Marwah Nazhifah Sitorus, Muda Genali Sakti Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar https://ejournal.unida-aceh.ac.id/index.php/guree/article/view/478 Sat, 29 Apr 2023 00:00:00 +0700 PENGARUH RASA PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK TERHADAP KEMAMPUAN PUBLIC SPEAKING https://ejournal.unida-aceh.ac.id/index.php/guree/article/view/504 <div style="text-align: justify;"> <p><strong><em>Abstract</em></strong><em>: This study aims to be able to find out how much influence students' self-confidence has on Public Speaking abilities. This study used a quantitative method with a predetermined population and sample, namely all students in class VI, totaling 30 people. The sampling technique used is saturated sample technique. Methods of data collection using a questionnaire. The instrument test consists of a validity test and a reliability test. Data analysis in this study consisted of the Spearman correlation test, simple linear regression test, coefficient of determination test, F test, T test, calculating the average (mean), and calculating the standard deviation. Based on the results of the study, it was found that there was a positive and significant influence between students' self-confidence and public speaking ability, with a value of 60.8% with an R square coefficient of 0.608. In the T test stage, the value of tcount &gt; ttable obtained a value of 6.588 &gt; 2.048. And the F test value of Fcount &gt; Ftable is obtained (43.397 &gt; 4.20). With a significant value of 0.000 &lt;0.05 which means that H0 is rejected and Ha is accepted. The conclusions from the study that it has a positive and significant influence on students' self-confidence on public speaking skills in class VI SD Negeri 65 Banda Aceh.</em></p> <p><strong>Keywords</strong>: <em>Confidence, Public Speaking Ability</em>.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Abstrak</strong>: Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui seberapa pengaruh rasa percaya diri peserta didik terhadap kemampuan Public Speaking. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan populasi dan sampel yang telah ditentukkan yakni seluruh peserta didik kelas VI yang berjumlah 30 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik sampel jenuh. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Uji intrumen terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis data pada penelitian ini yakni terdiri dari uji korelasi spearman, uji regresi linear sederhana, uji koefesien determinasi, uji F, uji T, menghitung rata-rata (mean), serta menghitung standar deviasi. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan adanya pengaruh positif dan signifikan antara rasa percaya diri peserta didik dengan kemampuan public speaking, dengan diperoleh nilai sebesar 60,8% dengan nilai koefesien R square sebesar 0,608. Dalam tahap uji T nilai thitung &gt; ttabel diperoleh nilai 6,588 &gt; 2,048. Dan uji F nilai Fhitung &gt; Ftabel diperoleh (43,397 &gt; 4,20). Dengan nilai signifikan 0,000 &lt; 0,05 yang berarti bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Simpulan dari penelitian bahwa memiliki pengaruh positif dan signifikan rasa percaya diri peserta didik terhadap kemampuan public speaking di kelas VI SD Negeri 65 Banda Aceh.</p> <p><strong>Kata kunci</strong>: <em>Rasa Percaya Diri, Kemampuan Public Speaking.</em></p> </div> Suci Aprisiliyani, Ruslaini, Helmi Suardi Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar https://ejournal.unida-aceh.ac.id/index.php/guree/article/view/504 Sat, 29 Apr 2023 00:00:00 +0700 PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP TO GROUP EXCHANGE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SD NEGERI ILOT https://ejournal.unida-aceh.ac.id/index.php/guree/article/view/505 <div style="text-align: justify;"> <p><strong><em>Abstract: </em></strong><em>This study aims to see the effect of applying the Group To Group Exchange type cooperative learning model on the learning outcomes of fourth grade students at SD Negeri Ilot on style material. The method used in this research is a quantitative approach. The research population was all 21 grade IV students of SD Negeri Ilot who also became the research sample. Data collection was carried out by pre-test and post-test. Data processing uses the N-Gain formula. The results of the data analysis showed that the average pre-test score of student learning outcomes was 54.3 and the average post-test student learning outcomes was 77.1 so that there was an increase in the average N-Gain of students by 0.5 and could be categorized moderate, thus making the Group To Group Exchange type cooperative learning model very effective for use in the Natural Sciences learning process on style material. So it can be concluded that the application of the Group To Group Exchange type cooperative learning model can improve the learning outcomes of fourth grade students at SD Negeri Ilot on style material.</em></p> <p><strong>Keywords: </strong><em>Learning model type Group To Group Exchange, Learning Outcomes.</em></p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Abstrak</strong>: Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group To Group Exchange terhadap hasil belajar siswa kelas IV&nbsp; SD Negeri Ilot pada materi gaya.&nbsp; Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Ilot yang berjumlah 21 yang sekaligus menjadi sampel penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan tes awal dan tes akhir. Pengolahan data menggunakan rumus N-Gain. Hasil analisis data menunjukkan bahwa perolehan nilai rata-rata pre test hasil belajar siswa adalah 54,3 dan nilai rata-rata post tes hasil belajar siswa adalah 77,1 sehingga terjadi peningkatan rata-rata N-Gain siswa sebesar 0,5 dan dapat dikategorikan sedang, sehingga menjadikan model pembelajaran kooperatif tipe Group To Group Exchange sangat efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada materi gaya. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group To Group Exchange dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Ilot pada materi gaya.</p> <p><strong>Kata kunci:</strong> <em>Model pembelajaran tipe Group To Group Exchange, Hasil Belajar.</em></p> </div> Cut Maulina, Nurul Aswana, Fita Nelyza Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar https://ejournal.unida-aceh.ac.id/index.php/guree/article/view/505 Sat, 29 Apr 2023 00:00:00 +0700 PERBANDINGAN PENGARUH MODEL TIPE STAD DAN TGT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI DEBIT DI KELAS V SDN 27 BANDA ACEH https://ejournal.unida-aceh.ac.id/index.php/guree/article/view/491 <p><strong>Ab</strong><strong>s</strong><strong>t</strong><strong>r</strong><strong>a</strong><strong>c</strong><strong>t</strong><strong>: </strong><em>Schools still use conventional models when learning which makes learning outcomes low and does not meet the KKM. </em><em>The study's goal was to compare student learning results in mathematics using the STAD and TGT model</em><em>, especially in debit material. </em><em>The chosen research approach is quantitative in nature, employing a Quasy Experiment as the specific type of research design.</em><em> The population consisted of 52 students, 26 students from Va and 26 students from Vb class. The samples taken were class Va as </em><em>The first experimental group, known as Class I, utilized the STAD model, while the second experimental group, referred to as Class II, implemented the TGT learning model.</em> <em>The data collection methods employed involved the utilization of tests, the collected data was analyzed using a combination of descriptive and inferential statistical analysis techniques. The sort of research is a quasi-experiment, and the methodology is quantitative.</em><em> According to the findings obtained from the descriptive statistical analysis of the two groups, </em><em>The mathematics learning achievement, when employing the cooperative learning model known as STAD, had an average score of 68.08.</em><em>, and the average learning achievement of mathematics using the TGT model was 80.00. </em><em>The findings from the inferential data analysis demonstrate the statistical significance</em><em> of the acquisition of tcount 2.049 &gt; ttable 2.008 and sig (0.46 &lt;0.05). B</em><em>ased on the available evidence, it can be inferred that there exist disparities in learning outcomes</em><em> between fifth grade students at SD Negeri 27 Banda Aceh who use the STAD and the TGT model.</em></p> <p><strong>K</strong><strong>ey</strong><strong>w</strong><strong>o</strong><strong>r</strong><strong>d</strong><strong>s</strong><strong>: </strong><em>STAD Model, Application of the TGT Model, Learning Outcomes, D</em><em>ischarge</em><strong>.</strong></p> <p><strong>Abstrak:</strong> Sekolah masih menggunakan model pembelajaran konvesional ketika belajar yang membuat hasil belajar siswa rendah dan tidak memenuhi KKM. Tujuan penelitian untuk memporoleh perbedaan pencapaian belajar siswa yang menggunakan dua model pembelajaran STAD dan TGT pada pelajaran matematika khususnya pada materi debit. Metode penelitian yakni kuantitatif serta Jenis penelitian adalah Quasy Eksperiment. Dalam populasi tersebut, terdapat total 52 siswa, yaitu 26 siswa dari kelas Va dan 26 siswa dari kelas Vb. Sampel yang diambil yakni kelas Va sebagai kelas eksperiment I yang mengimplementasikan STAD serta Vb sebagai kelas eksperiment II yang mengimplementasikan TGT. Data dikumpulkan melalui penggunaan tes. Pengolahan data dilakukan dengan menerapkan metode analisis statistik deskriptif dan inferensial. Menurut temuan yang didapatkan analisis statistik deskriptif kedua kelompok, rata-rata pencapaian belajar matematika dengan memakai STAD adalah 68,08, sedangkan TGT adalah 80,00. Hasil analisis data inferensial menunjukkan signifikansi perolehan nilai t<sub>hitung</sub> 2,049 &gt; t<sub>tabel</sub> 2,008 dan sig (0,46 &lt; 0,05). Maka bisa diambil kesimpulan terdapat perbedaan pencapaian belajar antara siswa kelas V SD Negeri 27 Banda Aceh yang menggunakan kooperatif tipe STAD dengan TGT.</p> <p><strong>Kata kunci : </strong><em>Model STAD, Penerapan Model TGT, Hasil Belajar, Debit</em><em>.</em></p> Maisundari Ruhaida, Fauzi Fauzi, Aida Fitri Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar https://ejournal.unida-aceh.ac.id/index.php/guree/article/view/491 Sat, 29 Apr 2023 00:00:00 +0700 PENGARUH METODE OUTDOOR STUDY BERBASIS INKUIRI TERHADAP HAIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKsSISTEM TEMA 5 SUBTEMA 1 KELAS V SDN 12 BANDA ACEH https://ejournal.unida-aceh.ac.id/index.php/guree/article/view/482 <p><strong><em>Ab</em></strong><strong><em>s</em></strong><strong><em>t</em></strong><strong><em>r</em></strong><strong><em>a</em></strong><strong><em>c</em></strong><strong><em>t</em></strong><strong><em>:</em></strong> <em>Teacher-centered learning affects student learning outcomes. If the learning outcomes achieved by students do not reach the KBM. The formulation of the problem is "Is there an effect of using the Inquiry-Based Outdoor Study Method on Student Learning Outcomes in Ecosystem Material Theme 5 Sub-theme 1 Class V SDN 12 Banda Aceh?". This study aims to determine the effect of using the Inquiry-based Outdoor Study method on student learning outcomes in Ecosystem material. The approach taken is quantitative with the type of research namely "True Experimental". The place was held at SDN 12 Banda Aceh. The sample is all students in class VA and VB totaling 50 students. Data collection was carried out using pre-test and post-test techniques, then data analysis was assisted by SPSS Statistics. The results of the hypothesis test with the statistical independent t-test obtained a sig (2-tailed) value of 0.000 &lt;0.05. So that the decision criteria </em><em>????????</em><em> are accepted and </em><em>????</em><em>0 are rejected. So it can be concluded that there is an effect of using the Inquiry-Based Outdoor Study Method on Student Learning Outcomes in Ecosystem Material Theme 5 Sub-theme 1 Class V SDN 12 Banda Aceh.</em></p> <p><strong><em>K</em></strong><strong><em>ey</em></strong><strong><em>w</em></strong><strong><em>o</em></strong><strong><em>r</em></strong><strong><em>d</em></strong><strong><em>s</em></strong><strong><em>:</em></strong> <em>Outdoor Study, Inquiry, Ecosystem Material.</em></p> <p><strong> </strong></p> <p><strong>Abstrak:</strong> Pembelajaran yang berpusat pada guru mempengaruhi hasil belajar siswa. Sehingga hasil belajar yang didapatkan siswa tidak mencapai KBM. Rumusan masalahnya yakni “Apakah terdapat pengaruh penggunaan Metode Outdoor Study Berbasis Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem Tema 5 Subtema 1 Kelas V SDN 12 Banda Aceh?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode Outdoor Study berbasis Inkuiri terhadap hasil belajar peserta didik pada materi Ekosistem. Pendekatan yang diambil kuantitatif dengan jenisnya penelitian yakni “True Experimental”. Tempat dilaksanakan di SDN 12 Banda Aceh. Sampelnya yakni seluruh siswa kelas VA dan VB berjumlah 50 siswa. Pengumpulan data dengan teknik tes pre-test serta post-test, kemudiaan analisis data dibantu dengan SPSS Statistics. Hasil uji hipotesis dengan statistik independent t-test didapatkan nilai sig (2-tailed) 0,000&lt;0,05. Sehingga kriteria keputusan ???????? diterima sera ????0 ditolak. Maka bisa diambil kesimpulan terdapat pengaruh penggunaan Metode Outdoor Study Berbasis Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem Tema 5 Subtema 1 Kelas V SDN 12 Banda Aceh.</p> <p><strong><em>Kata kunci :</em></strong> <em>Outdoor Study, Inkuiri, Materi Ekosistem.</em></p> Amnisyar Amnisyar, Mislinawati Mislinawati, Suci Fitriani Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar https://ejournal.unida-aceh.ac.id/index.php/guree/article/view/482 Sat, 29 Apr 2023 00:00:00 +0700 PENGARUH PENGGUNAAN LKPD BERBASIS KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA7 SUBTEMA 1 KELAS V SDN 12 BANDA ACEH https://ejournal.unida-aceh.ac.id/index.php/guree/article/view/506 <div style="text-align: justify;"> <p><strong><em>Ab</em></strong><strong><em>s</em></strong><strong><em>t</em></strong><strong><em>r</em></strong><strong><em>a</em></strong><strong><em>c</em></strong><strong><em>t</em></strong><strong><em>: </em></strong><em>Teacher-centered learning influences student learning outcomes. The student's academic achievement does not meet the KBM. The formulation of the problem is "is there an effect of the use of GI cooperative-based worksheets on student learning outcomes in theme 7, sub-theme 1 in class V SDN 12 Banda Aceh?". The research objective was to understand the effect of using GI Cooperative-Based Worksheets on Student Learning Outcomes in Theme 7 Sub-Theme 1 in class V. The method taken was quantitative and True Experimental. The research population was all fifth grade students at SD Negeri 12 Banda Aceh, consisting of 50 students. The research sample is the VA class as the control class and the VB class as the experimental class. The data collection technique used the pretest and posttest. Based on the results of the study, it proved that the significance value (2-tailed) in the t-test was 0.000 &lt;0.05. Where the average value of experimental class learning outcomes is 89 and the control class is 57.6. The average value obtained by students in the experimental class can meet the KKM. Based on the results of statistical tests in this study, it can be concluded that there is a significant influence in the use of G) Cooperative-Based Worksheets on Student Learning Outcomes in Theme 7 Sub-Theme 1 in class V SDN 12 Banda Aceh.</em></p> <p><strong>K</strong><strong>ey</strong><strong>w</strong><strong>o</strong><strong>r</strong><strong>d</strong><strong>s</strong><strong>: </strong><em>Use GI Cooperative-Based Worksheets, Learning Outcomes, Theme 7 Sub-theme 1</em></p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Abstrak:</strong> Pembelajaran yang terfokus di guru berpengaruh pada hasil belajar siswa. Prestasi akademik siswa tidak memenuhi KBM.&nbsp;Rumusan masalahnya yakni “apakah terdapat Pengaruh Penggunaan LKPD Berbasis Kooperatif Tipe GI Tehadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Tema 7 Sub Tema 1 Di kelas V SDN 12 Banda Aceh?”. Tujuan penelitian untuk memahami pengaruh penggunaan LKPD Berbasis Kooperatif Tipe GI Tehadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Tema 7 Sub Tema 1 Di kelas V. Metode yang diambil yakni kuantitatif jenisnya True Experimental<em>. </em>Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 12 Banda Aceh. Populasi penelitian yakni semua siswa kelas V SD Negeri 12 Banda Aceh sebanyak 50 siswa. Saampel penelitian yakni kelas VA sebagai kelas kontrol dan VB sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan data dengan tes&nbsp; <em>pretest </em>dan <em>posttest</em>. Berdasarkan Hasil penelitian membuktikan nilai signifikansi (2-tailed) pada test uji-t sebesar 0,000 &lt; 0,05. Di mana nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimem sebesar 89 serta kelas kontrol 57,6. Rata-rata nilai yang diperoleh siswa di kelas eksperimen tersebut dapat memenuhi KKM. Berdasarkan hasil uji statistik penelitian ini bisa diambil kesimpulan terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan LKPD Berbasis Kooperatif Tipe <em>GI</em> Tehadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Tema 7 Sub Tema 1 Di kelas V SDN 12 Banda Aceh.</p> <p><strong>Kata kunci : </strong>Penggunaan LKPD Berbasis Kooperatif Tipe GI, Hasil Belajar, Tema 7 Subtema</p> </div> Nur Aviva Zahara, Mislinawati Mislinawati, Sulaiman Sulaiman Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar https://ejournal.unida-aceh.ac.id/index.php/guree/article/view/506 Sat, 29 Apr 2023 00:00:00 +0700