Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar https://ejournal.unida-aceh.ac.id/index.php/guree <ul> <li><strong>E-ISSN: <a href="https://manajemen-issn.brin.go.id/publish?param=20230613361673949" target="_blank" rel="noopener">2988-3083</a> (online)</strong></li> <li><strong>URL:</strong> <a href="https://ejournal.unida-aceh.ac.id/index.php/guree/index">https://ejournal.unida-aceh.ac.id/index.php/guree/index</a></li> </ul> <p><strong>Guree: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar</strong> diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Univesitas Iskandar Muda Banda Aceh. Jurnal ini terbit dua kali setahun pada bulan April dan Oktober. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar berkonsentrasi pada penelitian pada pembahasan tentang <strong>praktik</strong>, <strong>kebijakan</strong>, <strong>teori</strong>, <strong>isu-isu terkini</strong> dan masa depan di bidang pendidikan dan keguruan, membawa kepada para pembacanya temuan-temuan terbaru, terluas, dan terpenting di bidang pendidikan khususnya pendidikan dasar. </p> <p> </p> en-US <p>Authors who publish articles in Guree : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar agree to the following terms:</p> guree@unida-aceh.ac.id (Guree : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar) helmisuardi@unida-aceh.ac.id (Helmi Suardi) Sun, 20 Oct 2024 23:03:38 +0800 OJS 3.2.0.3 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI JUAL BELI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SD NEGERI LAMTEUNGOH ACEH BESAR https://ejournal.unida-aceh.ac.id/index.php/guree/article/view/792 <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan penerapan model PBL dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas &nbsp;III SD Negeri Lamteungoh Aceh Besar pada materi jual beli. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggambarkan suatu proses yang dinamis yang meliputi aspek perencanaan, tindakan, observasi, refleksi yang merupakan langkah-langkah yang berurutan dalam satu siklus ke siklus berikutnya. Dalam hal ini peneliti mendesain pelajaran dengan menggunakan model <em>Problem Based Learning</em> dengan jumlah sampel 20 orang. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan hasil yang menunjukkan bahwa Penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi jual beli dimana tingkat ketuntasan hasil belajar siswa pada Pretes sebesar 70% dan pada Postest mengalami peningkatan yaitu 80%.&nbsp; Jadi tingkat ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I dan siklus II terjadi peningkatan sebesar 10%, maka target yang diinginkan telah tercapai untuk ketuntasan hasil belajar siswa, karena pada akhir siklus telah mencapai sesuai target yang ditentukan yaitu 75%.</p> Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar https://ejournal.unida-aceh.ac.id/index.php/guree/article/view/792 Sun, 20 Oct 2024 00:00:00 +0800 PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING PADA MASALAH LINGKUNGAN SOSIAL SEKOLAH https://ejournal.unida-aceh.ac.id/index.php/guree/article/view/795 <p>Pada kegiatan pembelajaran, model pembelajaran yang digunakan merupakan hal yang penting agar peserta didik dapat menerimanya dengan baik. Proses pembelajaran yang ada saat ini di kelas masih ada yang dilaksanakan dengan konvensional sehingga pembelajaran tidak dapat dilaksanakan sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Untuk itu, perlu digunakan model pembelajaran yang sesuai sehingga hasil belajar dapat terpenuhi. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model pembelajaran <em>problem based learning </em>(PBL). Masalah dari penelitian ini adalah apakah model <em>problem based learning</em> pada materi masalah sosial lingkungan sekolah dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah dengan penerapan <em>problem based learning</em> dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis Pra-Experiment dengan uji soal model pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SDN 1 Pineung Kecamatan Indra Jaya dan sampel diambil secara <em>total sampling</em>. Pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar. Analisis data hasil belajar peserta didik berdasarkan uji perbedaan nilai rata-rata. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model <em>problem based learning</em> pada materi sosial lingkungan yang berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV SDN 1 Pineung Kecamatan Indra Jaya Kabupaten Pidie. Dengan rata-rata nilai <em>Pretest</em> adalah 52,35 dan rata-rata nilai <em>Posttest</em> adalah 78,23.</p> Ruslaini, Miftahul Jannah, Fita Nelyza, Amir Muklis Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar https://ejournal.unida-aceh.ac.id/index.php/guree/article/view/795 Sun, 20 Oct 2024 00:00:00 +0800 Penerapan Media Kahoot! Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komputer (TIK) Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Darul Imarah Aceh Besar https://ejournal.unida-aceh.ac.id/index.php/guree/article/view/842 <p>Learning media is a tool or intermediary that is useful to facilitate the teaching and learning process, one of the alternatives is Kahoot! media which its use is related to the internet. This study aims to determine the learning outcomes of Information Technology and Technology (ICT) students by applying Kahoot! media and find out if there is an increase in students' ICT results in class X MIPA. The type of research used is classroom action research consisting of two cycles. Each cycle includes 1) planning, 2) implementation, 3) observation, and 4) reflection. The subjects in this study were 32 students of Class X MIPA 4 SMA Negeri Darul Imarah. The object in this study is the application of Kahoot! media to student learning outcomes in ICT subjects. Data collection techniques in this study were tests and non-tests. Student learning outcomes after applying Kahoot! media turned out to have increased.&nbsp; In cycle I, the average score was 78.12 with a percentage of student learning completeness of 81.25%. In cycle II, the average score was 85.37 with a percentage of 96.88%. The increase in student scores between cycle I to cycle II was 7.25 with a percentage increase of 15.62%.&nbsp; The application of Kahoot! media in learning can increase the activeness of students, so that teachers and students can work together and the learning process is more optimal.</p> <p><strong>Keywords:</strong> Kahoot Media, Student Learning Outcomes, Information and Computer Technology, SMA Negeri 1 Darul Imarah</p> Indri Juliwardewi Mujawar, Desmila Wati, Irma Zarwinda, Nurmalia Zakaria, Safrizal Razali Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar https://ejournal.unida-aceh.ac.id/index.php/guree/article/view/842 Sun, 20 Oct 2024 00:00:00 +0800 PENERAPAN MODEL JIGSAW PADA MATERI TUMBUHAN, SUMBER KEHIDUPAN PADA BUMI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA KELAS IV PADA MIN 43 ACEH BESAR https://ejournal.unida-aceh.ac.id/index.php/guree/article/view/864 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Jigsaw pada materi "Tumbuhan, Sumber Kehidupan di Bumi" dalam meningkatkan hasil belajar dan kecerdasan interpersonal siswa kelas IV di MIN 43 Aceh Besar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain One Group <em>Pretest-Posttest</em>. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV MIN 43 Aceh Besar, dengan sampel berjumlah 19 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes untuk melihat hasil belajar siswa, data hasil tes di analisis menggunakan Uji <em>Sample T-Test</em>, dan angket untuk melihat kecerdasan interpersonal siswa data angket di analisis menggunakan analisis deskriptif dalam bentuk skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada hasil belajar siswa setelah penerapan model Jigsaw. Rata-rata nilai pretest&nbsp; di dapat 36,84 sedangkan&nbsp; nilai rata-rata posttest yang di capai 94,73 dengan kenaikan sebesar 57,89 Semua siswa berhasil mencapai ketuntasan dengan nilai KKM ? 70. Uji hipotesis menggunakan Paired <em>Samples T-Test</em> menghasilkan p-value sebesar 0,000, yang mengindikasikan pengaruh signifikan dari penerapan model Jigsaw terhadap peningkatan hasil belajar. Selain itu, analisis kecerdasan interpersonal melalui angket menunjukkan respons positif dari siswa dengan rata-rata skor 65,3%. Observasi keaktifan siswa selama proses pembelajaran juga menunjukkan hasil tinggi, dengan persentase 78%. Penelitian ini menegaskan bahwa model pembelajaran Jigsaw efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa secara kognitif serta meningkatkan kecerdasan interpersonal dan keaktifan dalam pembelajaran.</p> Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar https://ejournal.unida-aceh.ac.id/index.php/guree/article/view/864 Sun, 20 Oct 2024 00:00:00 +0800 IMPLEMENTASI MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD ZAT KELAS IV SD NEGERI LAMTEUNGOH ACEH BESAR https://ejournal.unida-aceh.ac.id/index.php/guree/article/view/851 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi perubahan wujud zat kelas IV di SD Negeri Lamteungoh Aceh Besar tahun ajaran 2024 melalui penerapan media video pembelajaran dan dapat membantu siswa dalam meningkatkan aspek pengetahuan pada mata pelajaran IPAS materi Perubahan Wujud Zat. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian kuantitatif dengan langkah-langkah observasi, tes dan pemberian angket. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Lamteungoh Aceh Besar. Subjek peneltitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 18 orang. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa lembar observasi yang terdiri dari lembar observasi guru, lembar observasi aktivitas siswa dan ada juga pemberian soal pretest dan posttest. Pada hasil pretest siswa mencapai rata-rata 60,63 dan posttest dengan rata-rata 81,67. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media video dapat meningkatkan hasil belajaar siswa pada mata pelajaran IPAS materi Perubahan Wujud Zat.</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> Ewi Safitri, Fita Nelyza, Helmi Suardi Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar https://ejournal.unida-aceh.ac.id/index.php/guree/article/view/851 Sun, 20 Oct 2024 00:00:00 +0800 ANALISIS HUBUNGAN ANTARA TINGKAT SELF EFFICACY DAN PERILAKU BULLYING PADA SISWA KELAS V MIN 7 BANDA ACEH https://ejournal.unida-aceh.ac.id/index.php/guree/article/view/847 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara <em>self efficacy</em> dengan perilaku <em>bullying</em> pada siswa kelas V MIN 7 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode hubungan korelasional untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih sebagaimana adanya tanpa perlakuan. Hubungan korelasional dilakukan dengan uji koefisien korelasi <em>pearson product moment</em>. Adapun yang menjadi sampel pada penelitian ini adalah 43 siswa kelas V-5 MIN 7 Banda Aceh. Berdasarkan hasil uji koefisien korelasi <em>pearson product moment</em> menunjukan hasil nilai <em>pearson correlation</em> (r) adalah sebesar -0,325 dan nilai signifikan atau Sig. (2-<em>tailed</em>) kurang dari 0,05 (0,033 &lt; 0,05), sehingga dapat dinyatakan terdapat hubungan negatif antara <em>self efficacy</em> dengan perilaku <em>bullying. </em>Adanya hubungan negatif antara tingkat <em>self-efficacy</em> siswa dengan perilaku <em>bullying</em> menunjukkan bahwa semakin rendah tingkat <em>self efficacy</em> pada seorang siswa maka akan meningkatkan perilaku <em>bullying</em> yang mereka alami, dan sebaliknya semakin tinggi tingkat <em>self efficacy</em> pada seorang siswa maka akan menurunkan peluang menjadi korban <em>bullying</em>. Peran <em>self-efficacy</em> dalam penilaian terhadap kemampuan diri memiliki dampak yang signifikan pada pemikiran, keyakinan, emosi, dan perilaku seseorang. <em>Self-efficacy</em> yang terbentuk cenderung menjadi stabil dan tidak mudah berubah karena menjadi penentu utama dalam mengarahkan perilaku. Peranan keterampilan berpikir juga memainkan peran penting dalam pembentukan <em>self-efficacy,</em>maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kedua variabel tersebut. Siswa dengan tingkat <em>self efficacy</em> yang lebih tinggi cenderung memiliki kecenderungan lebih rendah untuk terlibat dalam perilaku <em>bullying</em>, baik sebagai pelaku maupun sebagai korban. Sebaliknya, siswa dengan <em>self efficacy</em> yang rendah lebih rentan terlibat dalam perilaku <em>bullying</em>. Hasil ini menunjukkan pentingnya penguatan <em>self efficacy</em> dalam upaya pencegahan bullying di lingkungan sekolah.</p> Modede Ninagu, Ruslaini, Helmi Suardi Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar https://ejournal.unida-aceh.ac.id/index.php/guree/article/view/847 Sun, 20 Oct 2024 00:00:00 +0800 PENERAPAN METODE KARYAWISATA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI KEBERAGAMAN BUDAYA DI KELAS IV SD NEGERI 59 BANDA ACEH https://ejournal.unida-aceh.ac.id/index.php/guree/article/view/846 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar serta tanggapan peserta didik terhadap penerapan metode karyawisata pada materi keberagaman budaya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode <em>pre-experimental design</em> melalui desain <em>Pretest</em> dan <em>Posttest</em> yang dilaksanakan di SD Negeri 59 Banda Aceh. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV. Analisis data <em>Pretest </em>dan<em> Posttest</em> dilakukan untuk mengetahui kemampuan hasil belajar peserta didik, sedangkan angket untuk mengetahui tanggapan peserta didik terhadap metode karyawisata. Hasil nilai rata-rata <em>P</em><em>retes</em>t dan <em>Posttest</em> pada materi keberagaman budaya nilai terendah sebesar 40,3 (kategori rendah) dan nilai tertinggi sebesar 98 (kategori tinggi) berarti penggunaan metode karyawisata dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Analisis hasil data angket tanggapan positif diperoleh skor persentase sebesar 99,66% sehingga termasuk dalam kriteria sangat senang, pada persentase senang, tidak senang, sangat tidak senang diperoleh skor 0,0.</p> Farah Ukhtia, Ruslaini, Fita Nelyza Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar https://ejournal.unida-aceh.ac.id/index.php/guree/article/view/846 Sun, 20 Oct 2024 00:00:00 +0800 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI WUJUD BENDA DAN SIFATNYA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV MIN 13 ACEH BESAR https://ejournal.unida-aceh.ac.id/index.php/guree/article/view/849 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi wujud benda dan sifatnya terhadap peningkatan minat belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan metode <em>one group pretest posttest design</em> yang dilaksanakan di MIN 13 Aceh Besar. Adapun yang menjadi sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 24 siswa. Pada penelitian ini <em>p</em><em>retest </em>bertujuan untuk memperoleh keterangan tentang pengetahuan awal siswa mengenai materi wujud benda dan sifatnya, kemudian di akhir belajar siswa diberikan <em>posttest</em> yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah diajarkan dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Berdasarkan hasil uji <em>independent sample t-test</em> diperoleh nilai signifikan atau Sig. (2-<em>tailed</em>) kurang dari 0,05 (p = 0,000 &lt; 0,05), sehingga dapat dinyatakan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi wujud benda dan sifatnya dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas IV MIN 13 Aceh Besar. Hasil tersebut dapat dilihat pada perbandingan nilai <em>pretest</em> dan <em>posttest</em> dimana pada <em>pretest</em> memperoleh nilai rata-rata sebesar 31,25. Kemudian, dilakukan pembelajaran dengan metode inkuiri terbimbing pada materi wujud benda dan sifatnya rata-rata nilai hasil <em>posttest</em> naik menjadi 76,25. Kenaikan nilai rata-rata hasil tes tersebut menunjukkan bahwa minat belajar siswa pada materi wujud benda dan sifatnya setelah dilakukan pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing mengalami kenaikan.</p> Auladul Fitri, Cut Maulina, Helmi Suardi Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar https://ejournal.unida-aceh.ac.id/index.php/guree/article/view/849 Sun, 20 Oct 2024 00:00:00 +0800