MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) MELALUI MEDIA GAMBAR DAN METODE TANYA JAWAB PADA MATERI JENIS SUMBERDAYA ALAM PADA SISWA KELAS IV SDN PAMIJAHAN BOGOR

Authors

  • Khairul Ismi Universitas Iskandar Muda
  • Monica Kusuma Andini Universitas Terbuka
  • Risy Mawardati Risy Universitas Iskandar Muda

Keywords:

Hasil belajar, Media gambar, IPA

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik dan masih rendahnya dalam memahami materi yang telah disampaikan guru, masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana menggunakan media gambar dan metode tanya jawab untuk mencapai hasil belajar IPA siswa kelas empat pada materi Jenis Sumber Daya Alam. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas empat pada mata pelajaran IPA tentang berbagai jenis sumber daya alam. Siswa di kelas empat dijadikan sebagai sumber data penelitian. SDN Pamijahan 01 Kecamatan Pamijahan yang berjumlah 24 siswa. Penelitian dilakukan pada semester kedua tahun ajaran 2022/2023. Ada dua siklus untuk penelitian. Baik data kuantitatif maupun kualitatif dikumpulkan. Data kuantitatif adalah informasi yang diperoleh dari hasil tes formatif setiap siklus. Sedangkan observasi yang dilakukan selama setiap siklus pembelajaran memberikan data kualitatif. Untuk menetapkan hasil belajar siswa, data yang dikumpulkan kemudian digabungkan dengan standar keberhasilan. Hasil Belajar Siswa Hanya 18 siswa (atau 75%) pada siklus I yang mendapat nilai sempurna. Jumlah siswa meningkat menjadi 22 pada siklus II (90%) dan nilai rata-rata siklus II adalah 81,75. Kesimpulan penelitian ini adalah anak-anak kelas IV dapat belajar lebih banyak tentang sains dengan menggunakan media gambar dan metode tanya jawab.

Published

2023-10-31