EFEKTIFITAS PENERAPAN METODE SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SD NEGERI LAMTEUNGOH ACEH BESAR
Keywords:
Metode Simulasi, Revolusi dan Rotasi Bumi, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk melihat efektifitas penerapan metode simulasi pada materi Revolusi dan Rotasi Bumi guna meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan dengan metode konvensional. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode Quasi Eksperimen melalui desain pretest dan posttest. Sampel penelitian berjumlah 25 orang. Tehnik pengambilan sampel pada penelitian ini diambil dengan teknik Random Sampling. Berdasarkan hasil perhitungan independent sample t-test diperoleh rata - rata kenaikan kelompok eksperimen adalah sebesar 85,20, sedangkan kenaikan kelas kontrol sebesar 73,60 sehingga diketahui kenaikan skor hasil belajar kelas eksperimen lebih besar 11,6 dibandingakn dengan kelas kontrol. Selain itu diketahui juga nilai Thitung adalah 3,609 dengan signifikansi 0,001. Nilai Ttabel adalah 1,714. Jadi dapat disimpulkan bahwa Thitung > Ttabel (3,609 > 1,714) dan nilai signifikansinya lebih kecil dari 0,05 (p= 0,001<0,05), sehingga dapat dinyatakan terdapat perbedaan yang signifikan dalam peningkatan skor hasil belajar pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar IPA dengan metode simulasi.
Published
Issue
Section
Authors who publish articles in Guree : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar agree to the following terms: