PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PECAHAN

Authors

  • Qanita Bilqisti Universitas Iskandar Muda
  • Helmi Suardi Universitas Iskandar Muda
  • Elly Rizki Diandita Universitas Iskandar Muda

Keywords:

Media Pembelajaran Ular Tangga, Hasil Belajar, Pecahan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan media pembelajaran ular tangga terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan fokus pada materi pecahan. Pecahan merupakan salah satu topik yang kompleks dalam matematika dan seringkali menjadi tantangan bagi siswa dalam memahaminya. Oleh karena itu, penggunaan media pembelajaran yang interaktif dan menarik seperti ular tangga diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep pecahan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas IV A sebagai kelas kontrol dan IV B sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 46 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik purposive sampling. Data penelitian dikumpulkan melalui pretest dan posttest yang mencakup pemahaman siswa terkait materi pecahan. Analisis data yang digunakan yaitu uji-t menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistics 25, untuk membandingkan perbedaan hasil belajar antara kelompok eksperimen dan kontrol. Hasil statistik yang telah dilakukan memperoleh nilai asymp.Sig.(2-tailed) sebesar 0,00. Berdasarkan penjelasan tersebut, dapat dikatakan Ha diterima dan Ho ditolak karena 0,00 < 0,05. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran ular tangga terhadap hasil belajar matematika pada materi pecahan siswa kelas IV SD Negeri 18 Banda Aceh.

Published

2023-10-31