PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING PADA MATERI GAYA DAN GERAK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SD NEGERI SIMPANG TURUE

Authors

  • Cut Rita Murdani Universitas Iskandar Muda
  • Fita Nelyza Universitas Iskandar Muda
  • Ruslaini Universitas Iskandar Muda

Keywords:

Snowball Tossing Learning Model, Style and Development, Understudy Learning Results

Abstract

Abstrak: Kajian ini dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Snowball Tossing terhadap hasil belajar IPA siswa kelas 4 SD Negeri Simpang Turue. Salah satu ciri pokok dari sifat tidak sepenuhnya ditentukan oleh variabel kualitas pendidik. Pendidik diharapkan menjadi ahli di bidangnya. Oleh karena itu, salah satu model pembelajaran yang dapat dimanfaatkan oleh pendidik untuk menjadikan siswa terlibat secara efektif dengan pengalaman ilmu yang berkembang di kelas, khususnya pada materi Gaya dan Perkembangan adalah dengan menerapkan Model Snowball Tossing. Motivasi penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Snowball Tossing pada materi Gaya dan Gerak terhadap hasil belajar siswa SD Negeri Simpang Turue Daerah Mane Peraturan Pidie. Jenis eksplorasi yang digunakan adalah Pre-Exploratory Plan dengan model One-Gathering Pretest-Posttest Configuration. Populasi dalam tinjauan ini adalah semua siswa kelas 4 SDN Simpang Turue, Mane Area dan contoh diambil dengan pemeriksaan mutlak, khusus untuk siswa kelas 4 di SDN Simpang Turue, Mane Lokal. Mengumpulkan informasi dengan memanfaatkan uji coba hasil belajar. Penyelidikan informasi hasil belajar siswa dengan menggunakan uji-t faktual Berdasarkan uji beda biasa dengan uji sisi kanan (uji t) diperoleh thitung > ttabel, yaitu 10,83 > 1,734. Mencermati akibat dari tinjauan tersebut menunjukkan bahwa pemanfaatan model Snowball Tossing pada materi Gaya dan Gerak berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SDN Simpang Turue, Daerah Mane, Pidie Rule. Dengan skor pretest normal 61,5 dan skor posttest normal 75.

Kata kunci: Model Pembelajaran Snowball Tossing, Gaya dan Perkembangan, Hasil Belajar Siswa 

Published

2023-10-31