Evaluasi Kinerja Simpang Bundaran Jalan Teuku Umar Kota Langsa
DOI:
https://doi.org/10.55616/prince.v3i2.699Keywords:
Bundaran, Persimpangan, MKJIAbstract
Studi kasus Bundaran Jl. Teuku Umar, Paya Bujok Blang Pase pada hakikatnya dilatar belakangi oleh kinerja simpang tersebut, dimana jenis kendaraan yang melewati simpang terdiri dari berbagai macam kendaraan seperti becak, sepeda, sepeda motor, mobil, bus, dan lain-lain. Hal tersebut perlu mendapat perhatian karena ramainya arus lalu lintas yang terjadi sehingga menyebabkan kemacetan terutama pada jam-jam sibuk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa, pengaruh simpang tak bersinyal dengan bundaran terhadap kapasitas, derajat kejenuhan, tundaan dan peluang antrian yang terjadi pada simpang jalan Teuku Umar. Metode penelitian yang digunakan dalam pengambilan data adalah penilitian dan pencatatan secara langsung di lapangan. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer deperoleh dari hasil pengamatan langsung di lapangan, sedangkan data sekunder diperoleh dari hasil instansi terkait. Sebagai dasar penyelesaian atau analisa data digunakan rumusan yang terdapat pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) tahun 1997 untuk mengetahui tingkat pelayanan simpang. Adapun hasil analisis menunjukkan bahwa dari survey tingkat kelayakan simpang jalan Ir.H.Juanda-KH. Samanhudi ini masih cukup baik dalam melayani arus lalu lintas Hal ini dapat menunjukan dengan nilai Derajat kejenuhan 0.39 ? 0,75 untuk setiap bagian jalinannya pada arus lalu lintas jam puncak.
References
“Dapertemen Pekerjaan Umum Dan Direktorat Jendral Bina Marga,” 2009.
N. Royan, “Analisa Perencanaan Traffic Light Di Persimpangan Bandara Smb Ii Palembang,” 2015.
J. Pattimura, K. Baru, And J. Selatan, “Depart Emen Pekerja An Umum,” 1996.
Direkctorat Jendral Bina Marga, “Mkji,” Manual Kapasitas Jalan Indonesia, Vol. 1, Oct. 1997.
A. Muchsin, “Evaluasi Kinerja Bundaran Pada Persimpangan Jalan Ir. H. Juanda Kh. Samanhudi Di Kota Medan (Studi Kasus),” Vol. 1, 2018.
Putro Bayu Tri Bawono, “Analisis Kinerja Bundaran Jombor, Yogyakarta (The Analysis Of Roundabout Performance In Jombor, Yogyakarta),” Yogyakarta.
Prasetyanto, “Perkiraan Zona Dilema Mobil Penumpang Pada Persimpangan Berlampu Lalilintas,” Fstpt International Symposium, Unila, Bandar Lampung, 2015.
D. Prasetyanto And E. Akmalah, “Model Hubungan Antara Volume Lalulintas Dengan Tarif Jalan Tol,” 2013.
K. C. Iimur Jotin Khisty B Kent Lall, “Dasar-Dasar Rekayasa Transportasi.”
“Perencanaan Persimpangan Tidak Sebidang Pada Jalan Raya.”
L. Penelitian, P. Hasil, P. Ensiklopedia, M. A. Praja, S. E. Priana, And D. Kurniawan, “Tinjauan Efektivitas Penerapan Simpang Bersinyal Di Simpang Bypass Manggis Kota Bukittinggi,” Ensiklopedia Research And Community Service Review, Vol. 1, No. 2, 2022, [Online]. Available: Http://Jurnal.Ensiklopediaku.Org
J. Karya And T. Sipil, “Evaluasi Kinerja Simpang Bundaran Soedarto Dan Usulan Alternatif Pemecahannya,” Halaman, 2014. [Online]. Available: Http://Ejournal-S1.Undip.Ac.Id/Index.Php/Jkts
H. Syahroni, “Analisa Kinerja Bundaran Menggunakan Metode Mkji (Weka-Hanif) Analisa Kinerja Bundaran Menggunakan Metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (Mkji) (Sudi Kasus?: Bundaran Radin Inten Bandar Lampung).”
V. H. Wuwung, J. E. Waani, And F. Jansen, “Tinjauan Kinerja Bundaran Tiga Lengan Dengan Simulasi Karakteristik Arus Lalu Lintas Pada Bundaran Patung Tololiu Kota Tomohon,” Jurnal Ilmiah Media Engineering, Vol. 8, No. 2, P. 1108, 2018.
A. Pengaruh Perlintasan Sebidang Jalan Raya Dengan Rel Kereta Api Terhadap Et Al., “Analisa Kinerja Bundaran Menggunakan Metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (Mkji) (Sudi Kasus?: Bundaran Radin Inten Bandar Lampung).”
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2024 PRINCE : Journal of Planning and Research in Civil Engineering

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.