Pengaruh Kecepatan Kendaraan Terhadap Pemasangan Rumble Strips dan Speed Bump Pada Ruas Jalan Kota (Studi Kasus: Ruas Jalan Kota Kawasan Banda Aceh
DOI:
https://doi.org/10.55616/prince.v2i3.625Keywords:
Rumble strips, speed bump, kecepatan, Manual Kapasitas Jalan Raya Indonesia (MKJI), jalan rayaAbstract
Rumble strips dan speed bump adalah kelengkapan tambahan pada jalan yang berfungsi untuk membuat pengemudi mengurangi laju kecepatan dan lebih meningkatkan kewaspadaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecepatan kendaraan terhadap pemasangan rumble strips pada ruas Jl.Krueng arakundo, Jl.Lingkungan Pelabuhan Lampulo, Jl.Dr.Syarief Thayeb, Jl.Rama Setia, dan Jl.Medan-Banda Aceh dan pengaruh kecepatan kendaraan terhadap pemasangan speed bump pada ruas Jl.Tgk. Abdussalam, Jl.Kampus Unida, Jl.Inong Bale, Jl.H.Bintang, dan Jl.Syiah Kuala. Data yang diambil pada penelitian ini yaitu data kecepatan kendaraan roda 2 dan roda 4 dengan adanya rumble strips dan speed bump. Analisis yang dilakukan yaitu dengan cara pengamatan langsung di lapangan dan mengacu pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997 serta Peraturan Menteri Perhubungan No:KM 14 Tahun 2006. Dari hasil perhitungan terjadi penurunan kecepatan akibat hambatan rumble strips pada Jl.arakundo yaitu sebesar 16,25%, Jl.Lingkungan Pelabuhan Lampulo 17,3%, Jl.Dr.Syarief Thayeb 25,96%, Jl.Rama Setia 36,68%, Jl.Medan-Banda Aceh 20,55% dan data penurunan kecepatan akibat hambatan speed bump pada Jl.Tgk. Abdussalam sebesar 58,76%, Jl.Kampus Unida 53,25%, Jl.Inong Bale 65,49%, Jl.H. Bintang 40,79%, dan Jl.Syiah Kuala 72,75%.
References
Cynecki, dkk. 1993. Rumble Strips and Pedestrian Safety. ITE JOURNAL.
Anonim, 1997, Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997, Direktorat Jenderal Bina Marga, Departemen Pekerjaan Umum Republik Indonesia, Jakarta.
Menteri Perhubungan RI, 2018, Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 82 Tahun 2018 tentang Alat Pengendali Dan Pengaman Pengguna Jalan, Jakarta
Alamsyah, A.A. (2008) Rekayasa Lalu Lintas Edisi Revisi, UMM Press, Malang.
Hobbs, F.D. (1979), Perencanaan dan Teknik Lalu Lintas, edisi kedua, terjemahan Ir. Suprapto TM, Msc, Ir. Waldijono, Gajah Mada University Press, Yogyakarta.
Menteri Perhubungan RI, 2006, Peraturan Menteri Perhubungan Nomor KM 14 tentang Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas di Jalan, Jakarta.
UU RI, (2004), Undang undang Republik Indonesia No. 38 Tahun 2004 tentang Jalan. Jakarta.
Peraturan Pemerintah RI, 2006, Peraturan Pemerintah RI Nomor 34 Tahun 2006 Tentang Jalan, Jakarta.
Roger, P., dkk, Prassas, Elena S., and McShane, William R., (2004), Traffic Engineering, Third Edition, Pearson Education Inc., Upper Saddle River, New Jersey. USA.
Susanto, Y. (2022), Analisis Pengaruh Rambu Batas Kecepatan, Pita Penggaduh Serta Keterlibatan Polisi Lalu Lintas Terhadap Tingkat Kecepatan Kendaraan pada jalan Trans Sulawesi, Poliklinik Keselamatan Transportasi Jalan Tegal.
Sopa, I.M., (2021), Evaluasi Penerapan Zona Selamat Sekolah Pada Sekolah SMP N 4 Bukittinggi Dan SD N 02 Aur Kuning, Universitas Muhammadiah Sumatra Barat, Padang.
Fahlevi, T.R., (2019), Analisis Penggunaan Speed Bump Dalam Mereduksi Kecepatan Di Kawasan Pangkalan Udara Soewondo Medan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Medan.
Sugiarto dan Nakatsuji, 2010, Chiang Mai Traffic Area Studies. Final Report, Asian Institute of Technology, Bangkok.
Hidayat, 1986. Konsep Dasar dan Pengertian Produktivitas Serta Interprestasi Hasil. Prisma, prisma, Jakarta: LP3ES.
Menteri Permukiman dan Prasarana Wilayah, 2004, Keputusan Menteri Permukiman dan Prasarana Wilayah No. 376 Tahun 2004 Tentang Penetapan Ruas-ruas jalan menurut statusnya sebagai Jalan Nasional, Jakarta.
Elize Jr, R. Marshall. 1993. Guidelines For The Design and Aplication Of Speed Humps. ITE JOURNAL.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2023 PRINCE : Journal of Planning and Research in Civil Engineering

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.