P Pengaruh Gerak U-Turn Pada Bukaan Median Terhadap Karakteristik Arus Lalu Lintas (Studi Kasus Jalan Jenderal Ahmad Yani (STA 3+500) Kota Langsa )
DOI:
https://doi.org/10.55616/prince.v3i3.887Keywords:
Putar Balik, Lalu Lintas, Tingkat Pelayanan Jalan, MKJI, VolumeAbstract
Pengaruh ketika melakukan putar balik yaitu terhadap kecepatan kendaraan dimana kendaraan akan melambat dan berhenti. Perlambatan ini akan mempengaruhi arus lalu lintas pada arah yang sama, pergerakan memutar arah ini akan menyebabkan tingginya volume lalu lintas, kecepatan kendaraan semakin rendah, dan kepadatan semakin tinggi. Tujuan penelitian mendapatkan karakteristik, kapasitas, tingkat pelayan jalan, serta waktu dan antrian saat adanya putar balik. Penelitian ini menggunakan metode MKJI 1997. Hasil penelitian didapatkan volume lalu lintas tertinggi sebesar 1528,2 smp/jam (arah timur), 1496,9 smp/jam (arah barat). Kecepatan rata-rata kendaraan tertinggi 10,56 km/jam (arah timur), 08,77 km/jam (arah barat). Derajat kejenuhan tertinggi sebesar 0,57 smp/jam (arah timur), 0,56 smp/jam (arah barat). Kapasitas jalan diperoleh 2677,8 km/jam. Tingkat pelayanan jalan diperoleh nilai 0,57 (arah timur), 0,56 (arah barat), termasuk kategori C. Rata-rata waktu tempuh saat putar balik tertinggi (arah timur) adalah 17,04 detik, terendah 07,18 detik. Dan (arah Barat) tertinggi 20,53 detik, terendah 06,46 detik. Rata-rata panjang antrian saat putar balik diperoleh (MC) 9,07 meter, (LV) 10,23 meter (arah timur). Dan (MC) 9,40 meter, (LV) 11,69 meter (arah barat).
References
Ramli, S. M. Saleh, and M. Isya, “Kajian Kelayakan Pembangunan Jalan Elak Sisi Utara Kota Langsa Berdasarkan Analisa Ekonomi Transportasi,” Jurnal Arsip Rekayasa Sipil Dan Perencanaan, vol. 2, no. 2, pp. 174–179, Jun. 2019, doi: 10.24815/jarsp.v2i2.13454.
B. P. Gultom, R. Sulistyorini, and S. Putra, “Pengaruh bukaan (U-Turn) di ruas Jalan Z.A. Pagar Alam terhadap kinerja lalu lintas(Studi kasus U-Turn di depan Wisma Bandar Lampung),” Jurnal Rekayasa Sipil dan Desain, vol. 7, no. 2, pp. 299–310, Jun. 2019.
S. Anggreni, J. Purnomo, and F. Kamil, “Pengaruh Gerak U-Turn pada Bukaan Median terhadap Karakteristik Arus Lalu Lintas di Jalan R. Suprapto Kabupaten Ketapang,” Journal Of Research and Inovation in Civil Engineering as Applied Science, vol. 1, no. 1, pp. 18–25, 2022.
J. Maer, L. I. Lefrandt, and J. A. Timboeleng, “Analisis pengaruh U-Turn terhadap karakteristik arus lalu lintas di ruas Jalan Robert Wolter Monginsidi Kota Manado,” Jurnal Sipil Statik, vol. 7, no. 12, pp. 1569–1584, Dec. 2019.
F. A. A. Saputri, B. Hidayat, and D. A. Afrianti, “Pengaruh Jarak Antar Fasilitas Putar Balik (U-Turn) Terhadap Lalu Lintas Sekitar Cbd Di Kota Cilegon,” Tugas Akhir, 2021.
Lionardo and Y. Aulia Sari, “Pengaruh Gerak U-Turn Pada Bukaan Median Terhadap Karakteristik Arus Lalu Lintas Di Ruas Jalan Raja H. Fisabililah,” Kota Batam, Apr. 2022.
M. Kasan, Mashuri, and H. Listiawati, “Pengaruh U-Turn Terhadap Karakteristik Arus Lalu Lintas Di Ruas Jalan Kota Palu,” SMARTek, vol. 3, no. 3, pp. 146–159, Aug. 2005.
S. H. Halim, “Kajian Putar Balik (U-Turn) Terhadap Kinerja Arus Lalu Lintas (Studi Kasus Jl. Ibrahim Adjie Kota Bandung),” Jurnal Media Teknologi, vol. 07, no. 02, 2021.
S. Adekantari, E. Nuraeni, and D. Najimuddin, “Analisis Pengaruh Putar Balik Arah (U-Turn) Terhadap Kinerja Arus Lalu Lintas Ruas Jalan Diponegoro STA 0+600 M Kota Sumbawa Besar,” 2021.
Y. P. Artha, I. B. Wirahaji, and M. A. Widyiatmika, “Analisis Kinerja Ruas Jalan Akibat Adanya Gerakan Putar Balik Pada Bukaan Median Jalan Nasional Denpasar,” Widya Teknik, vol. 13, no. 01, pp. 59–66, Apr. 2020.
Departemen Pekerjaan Umum, Manual Kapasitas Jalan Indonesia. Jakarta, 1997.
A. A. Putra and A. S. Sarewo, “Pengaruh Pergerakan U-Turn (Putaran Balik Arah) Terhadap Kecepatan Arus Lalulintas Menerus (Studi Kasus Jalan Brigjen Myoenoes, Kota Kendari),” Media Komunikasi Teknik Sipil, vol. 17, no. 1, pp. 9–22, 2008.
Y. T. Utami1, T. Ariyadi, and S. Mayuni, “Kajian Putar Balik (U-Turn) Terhadap Arus Lalu Lintas (Studi Kasus?: Jalan Gajah Mada Pontianak).”
G. Gautama, F. Hendi Jaya, and D. Meriska, “Analisis Pengaruh U-Turn Terhadap Karakteristik Arus Lalu Lintas Analysis of The Effect of U-Turn on Traffic Flow Characteristics.”
E. A. Purba and J. Harianto, “Pengaruh Gerak U-Turn Pada Bukaan Median Terhadap Karakteristik Arus Lalu Lintas Di Ruas Jalan Kota (Studi Kasus: Jl. Sisingamangaraja Medan),” Jurnal Teknik Sipil USU, vol. 2, no. 3, 2014.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2024 PRINCE : Journal of Planning and Research in Civil Engineering

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.