Analisis Hubungan Volume, Kecepatan Dan Kepadatan Jalan Dengan Model Greenshields, Greenberg Dan Underwood
DOI:
https://doi.org/10.55616/prince.v3i3.877Keywords:
Jalan T. Nyak Makam, Greenshields, Greeberg, UnderwoodAbstract
Salah satu jalan yang memliki volume lalulintas yang besar di Banda Aceh adalah jalan T.Nyak Makam yang berada pada posisi 5°33'52.80"N dan 95°20'36.19"E, setiap harinya digunakan oleh masyarakat untuk menunjang berbagai aktifitas kegiatan untuk menuju ketempat bekerja, Usaha maupun kesekolah bagi pelajar. Untuk kebutuhan data pada penelitian ini maka dilakukan survey pengamatan lalu lintas dilapangan selama 12 jam yaitu jam 07.00-18.00 WIB yang dilaksanakan pada hari, senin tanggal 7 Oktober 2024. Selain data volume lalulintas di jalan T. nyak makam, diambil juga data kecepatan lalulintas kendaraan, data ini diambil pada jarak 50 meter. Untuk menganalisa volume, kecepatan dan kepadatan lalu lintas ini digunakan model liner Greenshields, Greenberg dan Underwood. Untuk model Greenshields kecepatan-kepadatan (S-D) S = 30,74 – 0,15D, volume-kecepatan V = 205,15S – 6,67S2, volume-kepadatan V = 30,74D – 0,15D2. Model Greenberg, kecepatan-kepadatan (S-D) S = 4,92Ln(5972,09/D), volume-kecepatan V = 5972,091Se-s/4,92, volume-kepadatan V = 4,92DLn5972,09/D. Model Underwood kecepatan-kepadatan (S-D) S = 31,30e-D/166,6, volume-kecepatan V = 166,6SLn31,3/S, volume-kepadatan V = 31,3De-D/166,6. Untuk jalan T. Nyak Makam model yang dapat dikatakan paling sesuai adalah Greenshield dengan nilai volume lalu lintas paling rendah yaitu Vm = 1.576,86 Smp/Jam.
References
A. Ariadi, M. Isya, I. Caisarina. 2016, “Analisis Hubungan Antara Volume, Kecepatan Dan Kepadatan Lalu Lintas (Studi Kasus?: Jembatan Lamnyong, Jalan Teuku Nyak Arief Banda Aceh).” Jurnal Teknik Sipil. Vol. 5, No. 3, 279–290.
A. Juanda, M. Isya, N. Fadhly. 2019, “Hubungan Volume, Kecepatan Dan Kepadatan Dengan Model Greenshields, Greenberg, Dan Underwood Pada Ruas Jalan Luar Kota Kawasan Gunung Geurutee.” Jurnal Arsip Rekayasa Sipil Dan Perencanaan. Vol. 2, No. 4, 287–293.
A. M. Stephen. 2023, Analisa Kapasitas Dan Kinerja Ruas Jalan Berdasarkan Pemodelan Greenshield, Greenberg Dan Underwood Pada Ruas Jalan Gatot Subroto Kota Medan.Https://Repository.Unisma.Ac.Id/Handle/123456789/7006
B. D. Putra, E. Ngii, L. O. M. Magribi. 2019, “Analisis Hubungan Volume Kecepatan Kepadatan Pada Segmen Ruas Jalan Z.A Sugianto Yang Mengalami Penyempitan Jalan Di Jembatan Sungai Wanggu I.” Jurnal Manajemen Rekayasa (Journal Of Engineering Management). Vol. 1, No. 2.
B. Saputra, D. Savitri. 2021, “Analisis Hubungan Antara Volume, Kecepatan Dan Kepadatan Lalu-Lintas Berdasarkan Model Greenshield, Greenberg Dan Underwood.” Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur & Fasilitas. Vol. 5, No. 1.
G. S. J. Timpal, T. K. Sendow, A. L. E. Rumayar. 2018, “Analisa Kapasitas Berdasarkan Pemodelan Greenshield, Greenberg Dan Underwood Dan Analisa Kinerja Jalan Pada Ruas Jalan Sam Ratulangi Manado.” Jurnal Sipil Statik. Vol. 6, No. 8.
Gn Abdi, S. Priyanto, And S. Malkamah, “Hubungan Volume, Kecepatan Dan Kepadatan Lalu Lintas Pada Ruas Jalan Padjajaran (Ring Road Utara), Sleman”, Teknisia , Vol. 24, Hlm. 55–64, Mei 2019.
H. Shofiana, S. Sumina, S. Handoyo. 2024, “Analisis Hubungan Volume, Kecepatan Dan Kepadatan Lalu Lintas Di Ruas Jalan Slamet Riyadi Kartasura.” Sultra Civil Engineering Journal. Vol. 5, No. 2, 308–321.
L. T. Pribadi. 2004, “Studi Hubungan Volume, Kecepatan Dan Kerapatan Pada Ruas Jalan Gatot Subroto Kota Cimahi.” Jurnal Teknik: Media Pengembangan Ilmu Dan Aplikasi Teknik. Vol. 3, No. 1, 233–239.
M. Irwansyah, C. A. Siringoringo. 2022, “Analisis Hubungan Antara Volume, Kecepatan, Dan Kerapatan Lalu Lintas Dengan Model Greenshield, Greenberg, Dan Underwood Pada Ruas Jalan Gereja Kota Tanjungbalai.” Jurnal Vorteks. Vol. 3, No. 2, 229–237.
M. Lubis, H. Batubara, M. F. Athaya. 2022, “Analisa Karakteristik Arus Lalu Lintas Dengan Model Metode Greenshields Greenberg Underwood Pada Ruas Jalan A. H. Nasution Medan Johor Sta 3+350 S/D 3+.” Jurnal Teknik Sipil. Vol. 1, No. 2, 217–223.
R. Gamran, F. Jansen, M. J. Paransa. 2015, “Analisa Perbandingan Perhitungan Kapasitas Menggunakan Metode Greenshields, Greenberg, Dan Underwood Terhadap Perhitungan Kapasitas Menggunakan Metode Mkji 1997.” Jurnal Sipil Statik. Vol. 3, No. 7.
Sultan, M. Lubis, H. Batubara. 2024, “Analisa Kapasitas Berdasarkan Pemodelan Greenshield, Greenberg, Dan Underwood Pada Ruas Jalan Jalan Tgk Muhammad Luddin Kota Blangkejeren.” Jurnal Ilmiah Teknik Unida. Vol. 5, No. 1, 12–20.
Suwardo Dkk,(2016). Perencanan Geometrik Jalan, Gajah Mada University Press.
Tamim O.Z., 2000. Perencanaan Dan Permodelan Transportasi, Edisi Kedua Jurusan Teknik Sipil, Institut Teknologi Bandung, Bandung.
W. Kriswardhana, M. S. Widanar, S. Arifin, S. Sulistyono. 2020, “Model Hubungan Arus, Kecepatan, Dan Kepadatan Di Jalan Empat Lajur Dua Arah.” Teras Jurnal?: Jurnal Teknik Sipil. Vol. 10, No. 1, 89–99.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2024 PRINCE : Journal of Planning and Research in Civil Engineering

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.