Evaluasi tarif angkutan umum minibus L_300 dan minibus jumbo trayek Langsa -Medan berdasarkan biaya operasional kendaraan (BOK)

Authors

  • Achir januari sihite, Wan Alamsyah, Meilandy Purwandito, Defry Basrin UNIVERSITAS SAMUDERA

DOI:

https://doi.org/10.55616/prince.v1i1.291

Keywords:

Angkutan umum , Analisis Tarif, Bok

Abstract

Transportasi merupakan salah satu aspek penunjang kemajuan suatu daerah terutama dalam kegiatan perekonomianya, hal ini tidak lepas dari pengaruh pertambahan jumlah penduduk. Semakin bertambahnya jumlah penduduk maka semakin meningkat kebutuhan srana dan prasarana transportasi. Kota Langsa Berjumlah ± 185.971jiwa melakukan berbagai kegiatan dan kegiatan. Warga kota Langsa sering melakukan perjalanan ke Medan dengan transportasi darat seperti L-300 dan jumbo dan Jumlah angkutan umum di loket terus bertambah dari waktu ke waktu dan jumlah armada yang tidak sebanding dengan kebutuhan pengguna jasa angkutan . Jika hal ini tidak diharapkan jumlah pengiriman perlu dihitung ulang di loket karena penyedia layanan transportasi hanya akan mengganti kerugian baik pengguna maupun operator layanan transportasi . Angkutan darat khususnya angkutan umum perkotaan melayani salah satu fungsi utama angkutan manusia untuk melakukan aktivitas sehari hari yang perlu memberikan pelayanan secara cepat, aman, murah dan efisien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tarif angkutan umum berdasarkan biaya operasional kendaraan minibus L-300 dan minibus jumbo. Pengumpulan data dengan survey dilapangan langsung dengan melakukan wawancara dengan pemilik angkutan. Hasil wawancara ini adalah tarif BOKuntuk angkutan umum minibus L-300 sebesar Rp.28,399/penumpang dan besaran tarif berdasarkan BOK untuk angkutan umum minibus Jumbo sebesar Rp.22.980/penumpang.

Published

2022-07-30

How to Cite

SIHITE, A. januari sihite. (2022). Evaluasi tarif angkutan umum minibus L_300 dan minibus jumbo trayek Langsa -Medan berdasarkan biaya operasional kendaraan (BOK). PRINCE : Journal of Planning and Research in Civil Engineering, 1(1), 16-24. https://doi.org/10.55616/prince.v1i1.291

Issue

Section

Articles