Analisa Kapasitas Berdasarkan Pemodelan Greenshield, Greenberg, Dan Underwood Pada Ruas Jalan Jalan Tgk Muhammad Luddin Kota Blangkejeren
DOI:
https://doi.org/10.55616/jitu.v5i1.742Abstrak
Jalan Tgk Muhammad Luddin merupakan salah satu jalan dikota Blangkejren yang termasuk dalam kelas jalan arteri primer dengan tipe lajur 2/2 UD yang merupakan kawasan ekonomi yang menyebabkan volume lalu lintas semakin besar sehingga mengakibatkan kinerja ruas jalan menjadi berkurang. Dalam Penelitian ini, dianalisa hubungan antara ketiga komponen utama arus lalu lintas yakni volume (Q), kecepatan (V) dan kepadatan (D) dalam tiga metode,yaitu Model Greenshield, Model Greenberg, dan Model Underwood. Untuk kapasitas dicari dengan rumusan yang ada pada MKJI 1997. Dari hasil penelitian dan analisis data arus lalu lintas, model yang paling baik untuk menggambarkan kepadatan pada saat macet (Dj) adalah Model Greenberg karena nilai determinasi R2 yang paling mendekati angka 1 adalah model Greenberg. Volume lalu lintas tertinggi pada jam puncak terjadi pada hari selasa 15 November 2022 yaitu sebesar 1513.7 smp/jam yang terjadi pada jam 16.00 – 17.00 WIB. Kecepatan rata-rata lalu lintas tertinggi terdapat pada hari senin sore yaitu pukul 17.00 – 18.00 sebesar 28.93 km/jam. Kepadatan lalu-lintas tertinggi pada jam Puncak terjadi pada hari Selasa, 15 November 2022 yaitu sebesar 63.20 smp/km pada kisaran jam 13.00 – 14.00 WIB. Nilai kapasitas untuk total 2 arah yaitu 2770,69 smp/jam sedangkan tingkat pelayanan digolongkan pada tingkat pelayanan golongan A yaitu arus lancer, volume rendah, kecepatan tinggi.
Referensi
Pemerintah Pusat, PP No 30 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Jakarta, Indonesia, 2021.
Pemerintah Pusat, Peraturan Pemerintah No 36 tahun 2006 tentang Jalan. Jakarta: jdihn.go.id, 2006.
Taufan Guntur Stallone Merentek, "EVALUASI PERHITUNGAN KAPASITAS MENURUT METODE MKJI," Jurnal Sipil Statik, vol. 4, p. 191, Maret 2016.
Syukur Sebayang, Dwi Herianto Randy Syaputra, "Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Lalu Lintas Jalan Nasional," JRSDD, vol. 3, p. 443, 2015.
Bina Marga, Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997. Jakarta: Bina Marga, 1997.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Hak Cipta (c) 2024 Sultan, Marwan Lubis, Hamidun Batubara

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.