Kajian Eksperimental Tentang Pengaruh Penggunaan Variasi Dua Jenis Cdi (Standar Dan Brt) Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Pada Sepeda Motor Honda Supra X 125 Cc Tahun 2011

Authors

  • Evan Maulana Universitas Iskandarmuda
  • Teuku Zulfadli
  • Nazaruddin Nazaruddin Universitas Iskandar Muda

DOI:

https://doi.org/10.55616/jitu.v1i2.163

Abstract

Pembakaran dalam motor bakar adalah hal yang sangat menentukan besarnya tenaga yang dihasilkan motor tersebut. Salah satu factor yang mempengaruhi pembakaran agar terjadi pembakaran sempurna adalah sistim pengapian yang baik. Sistim pengapian pada sepeda motor Honda Supra X 125 CC tahun 2011 menggunakan pengapian DC – CDI. Komponen – komponen sistim pengapian antara lain baterai, pembangkit pulsa pengapian, unit CDI, coil pengapian dan busi. Penelitian ini yang diambil berupa data tegangan output CDI yang dihasilkan, dan bahan bakar yang dihabiskan selama waktu yang telah ditentukan dalam penelitian yaitu selama 5 menit. Pengukuran putaran mesin yang digunakan dalam penelitian adalah (1000, 1500, 2000, 2500, 3000 dan 3500) Rpm. Perbedaaan tegangan output CDI pada sepeda motor Honda Supra X 125 CC Tahun 2011  antara yang menggunakan CDI standar dengan CDI BRT Tipe Hyperband pada putaran mesin (1000, 1500, 2000, 2500, 3000 dan 3500) Rpm. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan konsumsi bahan bakar yang menggunakan CDI standar dan CDI BRT Tipe Hyperband lebih hemat CDI BRT Tipe Hyperband sebesar 4.9 ml. Perbedaan tegangan output CDI standar dan CDI BRT Tipe Hyperband lebih besar CDI BRT Type Hyperband sebesar 2,4 volt.

References

Barry G, Woollard. 2006. Eloktronik Praktis. Jakarta : Salemba Teknika.

Beni Setya Nugraha. (2012). “Aplikasi Teknologi Injeksi Bahan Bakar Elektronik (EFI) Untuk Mengurangi Emisi Gas Buang Sepeda Motor.” Jurnal Ilmiah Populer dan Teknologi Terapan (ISSN 1693-3745). Hlm. 13.

Boentarto. 1993. Cara Pemeriksaan, Penyetelan, dan Perawatan Sepeda Motor. Semarang : Andi

Boentarto, 2001. Teknik Sepeda Motor. Solo : C.V. Aneka.

Daryanto. 2004. Sistem Pengapian Mobil. Jakarta : Bumi Aksara.

Daryanto. 2002. Teknik Reparasi dan Perawatan Sepeda Motor. Jakarta : Bumi Aksara.

Depdikbud. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

https://mayarozi777.blogspot.co.id/2017/04/fungsi-cdi-pada-sepeda-motor-fungsi-cdi.html

https://motorbloginfo.wordpress.com/2018/03/09/kenali-sepenggal-sejarah-honda-supra-x-125-generasi-kedua-2007-2013/

https://www.otosia.com/berita/ini-kandungan-detail-pertalite-menurut-standar-mutu-bahan-bakar-bensin.html

Imam Mahir, 2013. “Pengaruh Sistem Pengapian Capasitive Discharge Ignition (CDI) dengan Sumber Arus yang Berbeda Terhadap Kandungan Karbon Monoksida (CO) Gas Buang Sepeda Motor 110 CC”, Jurnal Konversi Energi dan Manufaktur UNJ, Edisi Terbit I, jurnal.unj.ac.id, Oktober 2013

Marsudi. 2008. Teknik Otodidak Sepeda Motor. Yogyakarta : Andi.

Robi Irza Saputra, 2014. “Pengaruh Penggunaan CDI BRT Powermax Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Sepeda Motor Suzuki Satria F150” Jurnal Otomotif UNP, ejurnal.unp.ac.id.2014

Sudjana. 1996. Metode Statistika Edisi Ke 6. Bandung : Tarsito.

Suharsimi, Arikunto. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Van Der Wal, Ink. 1985. Ringkasan Elektro Teknik. Jakarta : Erlangga.

Published

2020-12-26

How to Cite

Evan Maulana, Teuku Zulfadli, & Nazaruddin, N. (2020). Kajian Eksperimental Tentang Pengaruh Penggunaan Variasi Dua Jenis Cdi (Standar Dan Brt) Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Pada Sepeda Motor Honda Supra X 125 Cc Tahun 2011. Jurnal Ilmiah Teknik Unida, 1(2), 61-66. https://doi.org/10.55616/jitu.v1i2.163

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)