Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Dengan Melakukan Perbaikan Engin Melalui Metode Tsts (Two Stay Two Stray) Pada Siswa Kelas Xi Jurusan Teknik Bisnis Sepeda Motor SMKN 1 Darul Kamal
Keywords:
Metode, Keaktifan, Hasil, EngineAbstract
Meningkatkan keaktifan dan hasil belajar melakukan perbaikan engine berikut komponen-komponennya melalui metode tsts (two stay two stray) pada siswa kelas xi jurusan teknik bisnis sepeda motor SMKN 1 darul kamal Tahun Pelajaran 2022/2023. PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, tujuan penelitian ini adalah mengetahui proses penerapan metode tsts (two stay two stray) dalam upaya meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dan mengetahui apakah penerapan metode tsts (two stay two stray) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa terutama pada pembelajaran melakukan perbaikan engine berikut komponen-komponennya. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Teknik Bisnis Sepeda Motor SMK Negeri 1 Darul Kamal yang berjumlah 23 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah pelaksanaan proses keaktifan dan hasil yang diperoleh dari metode tsts pada pelajaran melakukan perbaikan engine berikut komponen-komponennya. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi dan teknik tes. Teknik analisis data pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan diskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa setelah diterapkan metode tsts (two stay two stray) keaktifan dan hasil belajar siswa pada pelajaran melakukan perbaikan engine berikut komponen-komponennya meningkat sehingga hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Hasil keaktifan pratindakan/pre-tes adalah 44% dan setelah dilakukan tindakan pada siklus I 49%, pada siklus II 67%, dan pada siklus III 78%. Presentase jumlah hasil belajar siswa yang nilainya mengalami kenaikan pada siklus I 73%, Pada siklus II 77%, dan pada siklus III 87%. Respon siswa terhadap metode tsts (two stay two stray) sangat baik. Terlihat presentas tiap-tiap aspek dengan kualifikasi sangat tinggi
References
Pius A Partanto dan M. Dahlan Al Barry. 2001. Kamus Ilmiah Populer. Surabaya
Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta Arkola.
Khanifatul. 2013. Pembelajaran Inovatif: Strategi Mengelola Kelas Secara Efektif dan Menyenangkan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Munandar. 2002. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta
Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Asep Jihad dan Abdul Haris. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.
Aris Shoimin. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Suharsimi Arikunto. 2001. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.