Manajemen Area Parkir Kendaraan Berbasis Elektronik (Studi Kasus : Jalan Sri Ratu Safiatuddin, Peunayong, Kota Banda Aceh)
DOI:
https://doi.org/10.55616/prince.v3i1.708Keywords:
Manajemen Parkir, BCR, NPV, Payback Period, Parkir ElektronikAbstract
Berdasarkan Qanun Kota Banda Aceh Nomor 3 Tahun 2021 tentang Retribusi Pelayanan Parkir di Tepi Jalan Umum dan Tempat Khusus Parkir, maka Pemerintah Kota Banda Aceh merealisasikan pembangunan Peralatan Kawasan Parkir Kota Banda Aceh di beberapa lokasi, salah satunya di Jl. Sri Ratu Safiatuddin Kota Banda Aceh dengan anggaran yang cukup besar. Sehingga perlunya mengetahui manajemen area parkir yang diterapkan berdasarkan karakteristik dan pendapatan parkir di Jl. Sri Ratu Safiatuddin Kota Banda Aceh serta menganalisis pengembalian investasi yang telah dikeluarkan dengan metode payback period. Adapun dari hasil penelitian diketahui volume parkir tertinggi terjadi pada hari senin yaitu mobil (LV) sebanyak 1378 kendaraan dan sepeda motor (MC) 1799 kendaraan. Untuk akumulasi maksimum sepeda motor (MC) terjadi pada hari senin sebanyak 48 kendaraan dan mobil (LV) 27 kendaraan. Total durasi parkir rata-rata terbesar terjadi pada hari senin, yang digunakan sepeda motor (MC) sebesar 1,07 Kend/jam. Sedangkan untuk tingkat penggunan parkir terbesar untuk sepeda motor (MC) yaitu pada hari senin sebesar 1,460 Kend/Petak/Jam dan Mobil (LV) 4,041 Kend/Petak/Jam. Kapasitas Ruang Parkir (KRP) pada area parkir elektronik yang tersedia untuk mobil (LV) dan sepeda motor (MC) masih dapat menampung kendaraan yang ada (cukup) berdasarkan akumulasi kendaraan tertinggi. Untuk pendapatan kendaraan parkir pertahun di area tersebut sebesar Rp 546,385,000, serta untuk beban Investasi pembangunan, biaya operasional dan maintenance Rp. 2,347,179,034, maka untuk analisis finansial dengan tingkat suku bunga sebesar 5,75% yang mengacu kepada Bank Indonesia tahun 2023 dapat dikatakan layak dan menguntungkan dikarenakan nilai Net Present Value (NPV) = Rp. 200,188,658 > 0 serta nilai Benefit Cost Ratio (BCR) = 1,290 > 1. Sedangkan untuk jangka waktu pengembalian investasi (payback priod) ialah selama 4 tahun.
References
Abubakar, I.1998. Pedoman Perencanaan dan Pengoperasian Fasilitas Parkir, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Departemen Perhubungan. Jakarta.
Ditjen Perhubungan Darat. 1998. Pedoman Perencanaan dan Pengoperasian Fasilitas Parkir. Jakarta: Departemen Perhubungan.
Giatman, M. 2006. Ekonomi Teknik. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Hobbs, F. D. (1995). Perencanaan dan Teknik Lalu Lintas, Penerbit UGM, Daerah, Yogyakarta.
Husnan, Suad. 2000. Studi Kelayakan Proyek Edisi Keempat. UPP STIM YKPN, Yogyakarta.
Indrayani, I. Gusti Ayu Putu Wita, S.ST Par, dan I. Gusti Ngurah Agung Suprastayasa. 2022. Kelayakan Finansial Penerapan Terminal Parkir Elektronik Di Jalan Ngurah Rai Kabupaten Gianyar. POLTEKPAR, Bali.
Kurniadi, F., Pramitasari, Diananta & Wijono, D. 2012. Konsep Perilaku Teritorialitas di Kawasan Pasar Sudirman Pontianak. Yogyakarta: Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada
Oppenlander, J.C. dan Box P.C (1976), Manual Of Traffic Engineering Studies, 4 th ed. Institute of Transportation Engineering Washington DC.
Qanun Kota Banda Aceh Nomor 3 Tahun 2021 Tentang Retribusi Pelayanan Parkir Di Tepi Jalan Dan Tempat Khusus Parkir
Rizal, R., Arthono, A. and Ariostar, A., 2019. Analisis Kebutuhan Ruang Parkir Dan Pengembalian Investasi Pengelolaan Parkir Kendaraan Di Pusat Perbelanjaan Lippo Plaza Sidoarjo. Prosiding Semnastek.
Soeharto, I., 1997. Manajemen Proyek (Dari Konseptual Sampai Operasional), Erlangga, Jakarta.
Tamin, O.Z., 2000. Perencanaan & pemodelan transportasi. Kedua. Bandung: ITB
Warpani, S. (1988). Rekayasa Lalu Lintas, Bhatara Karya Aksara, Jakarta.
Wardana, G., 2019. Analisis Kinerja Parkir Dan Biaya Pengelolaan Parkir Kendaraan Pengunjung Pusat Perbelanjaan (Studi Kasus: Area Parkir Transmart Maguwo Yogyakarta). (Doctoral Dissertation, Universitas Atma Jaya Yogyakarta).
Yulmida, D. A., Mudjanarko, S. W., Setiawan, M. I., & Limantara, A. D. (2017). Analisis Kinerja Parkir Sepanjang Jalan Walikota Mustajab Surabaya. UKaRsT, 1(1), 11-18.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2024 PRINCE : Journal of Planning and Research in Civil Engineering

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.