Studi Manajemen Lalu Lintas Di Ruas Jalan Imam Bonjol Kota Medan Dengan Menggunakan Metode Pkji
DOI:
https://doi.org/10.55616/jitu.v4i2.635Kata Kunci:
Persimpangan, Kapasitas, Derajat Kejenuhan.Abstrak
Kota Medan merupakan salah satu kota yang memiliki kepadatan lalu lintas yang cukup tinggi.Salah satu ruas jalan yang sering mengalami persoalan kemacetan akibat dari pertumbuhan arus lalu lintas adalah ruas jalan Imam Bonjol, pada ruas jalan imam bonjol terdapat 4 simpang tak bersinyal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja ruas jalan Imam Bonjol dan faktor-faktor yang mempengaruhinya dengan metode Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) tahun 2014. Metode yang digunakan pada penelitian adalah survey lapangan yaitu penelitian yang dilakukan secara langsung di lapangan untuk mendapatkan data-data yang dibutuhkan. Dalam menganalisa kapasitas dan perilaku lalu lintas pada persimpangan ini mengacu pada metode Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia 2014 (PKJI 1997). Hasil dari penelitian didapat untuk mengetahu kinerja ruas jalan tersebut dilakukan analisa data berupa nilai perbandingan Volume per-kapasitas atau Derajat Kejenuhan (DJ), dengan bentuk penanganan menambah kapasitas ruas jalan Imam Bonjol berupa penambahan 1 lajur sehingga tipe ruas jalan dari 3/1 menjadi 4/1 memberikan gambaran yang signifikan dalam hal meningkatkan kinerja ruas jalan Imam Bonjol. Hal ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan tindakan manajemen lalu lintas berupa pengendalian hambatan samping dan penambahan 1 lajur atau penambahan kapasitas pada ruas jalan Imam Bonjol memberikan tingkat pelayanan yang cukup baik.
Referensi
Abubakar, I. (2012). Manajemen lalu lintas?: Suatu Pendekatan Untuk Mengelola dan Mengendalikan Lalu Lintas. Jakarta: Transindo Gastama Media.
Alik Asyori Alamsyah 2008. Rekayasa Lalu lintas. Malang: PT. Universitas Muhammadiyah Malang.
Ana Riskiansha. 2013. Analisis pola tingkah laku angkutan umum di kota Surabaya dengan Driver Behavior Questionnaire. Jurnal. Universitas Surabaya. Artikel Ilmiah, 2.
Edi Susanto Tataming. 2014. Analisis Besar Kontribusi Hambatan Samping Terhadap Kecepatan Dengan Menggunakan Model Regresi Linier Berganda. Jurnal. Universitas Sumatra Utara.
Gunardo. 2014. Geografi Transportasi. Yogyakarta; Anggota IKAPI. Perpustakaan Nasional.
Rifal, A. D. C., Dewi, A., & Hartanti, I. R. (2015). Faktor Risiko yang Berhubungan dengan Kecelakaan Lalu Lintas pada Pengemudi Bus. Jurnal
Tamin, Ofyar Z. 2010. Manajemen LaluLintas vol 2 Universitas Diponegoro, Semarang.
UU RI No. 20 Tahun 2009 Tentang Prasarana Lalulintas Dan Angkutan Jalan. Jakarta Depertemen Perhubungan.
UU RI No. 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan. Jakarta Depertemen perhubungan.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Hak Cipta (c) 2023 Irwahyudi Rahman Hasibuan, Marwan Lubis, Darlina Tanjung

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.