Pemilihan Strategi Pemasaran dengan Metode Weighted Product di CV. Mahreem Jaya

Authors

  • Muhammad Yusuf Hafidz Universitas Qomaruddin
  • Dwi Mei Riya Ristanti Universitas Yos Sudarso

DOI:

https://doi.org/10.55616/jitu.v3i2.377

Keywords:

Sistem Pendukung Keputusan, Strategi pemasaran, Weighted Product

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian terhadap strategi pemasaran yang harus dilakukan perusahaan CV. Mahreem Jaya. Diharapkan melalui kajian ini Perusahaan CV. Mahreem Jaya dapat menentukan atau memilih strategi pemasaran yang tepat, sehingga dapat memberikan kontribusi postif bagi perusahaan CV. Mahreem Jaya dan pada akhirnya perusahaan dapat bersaing ditengah ketatnya perusahaan competitor lainnya. Hasil yang igin dicapai dalam penelitian ini yakni mengetahui dan menentukan atau memilih strategi pemasaran yang menjadi prioritas yang harus dilaksanakan oleh perusahaan CV. Mahreem Jaya.Metode yang digunakan pada penelitian ini yakni menggunakan metode weighted product (WP). Metode ini menilai dan memberikan informasi dari beberapa alternatif yang digunakan oleh perusahaan CV. Mahreem Jaya, dengan hasil yang terbesar yang menjadi alternatif strategi pemasaran yang menjadi prioritas. Dari hasil perhitungan dengan metode weighted product didapatkan yakni alternatif coast leadhership strategy(A1) memiliki nilai sebesar 13.92. Alternatif differentiation strategy (A2) mempunyai nilai sebesar 13.82. Sedangkan market segmentation strategies memiliki nilai sebesar 14.18. Berdasarkan perhitungan alternatif market segmentation strategies memiliki nilai tertinggi sedangkan alternatif differentiation strategy memiliki nilai terendah. Berdasarkan perhitungan maka yang menjadi prioritas strategi pemasaran bagi perusahaan CV. Mahreem Jaya adalah market segmentation strategies.

References

P. R. Meliala, A. Abdillah, and A. Nabila, “Analisis Penentuan Strategi Pemasaran Produk menggunakan Metode Analytical Network Process (ANP) pada Sentra Kerajinan Gerabah UMKM Satria Multi Flora,” 2020.

S. Susanti, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK PENYELEKSIAN KONSUMEN TERBAIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE WEIGHTED PRODUCT (WP),” Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, vol. 9, no. 1.

M. R. Noviansyah, W. Suharso, D. R. Chandranegara, M. S. Azmi, and M. Hermawan, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Laptop Pada E-Commerce Menggunakan Metode Weighted Product,” presented at the Prosiding SENTRA (Seminar Teknologi dan Rekayasa), 2019, no. 5, pp. 43–53.

R. T. Atmojo, R. H. Purabaya, and B. T. Wahyono, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Dosen Berprestasi Dengan Menggunakan Metode WP (Weighted Product) di Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta,” Senamika, vol. 1, no. 2, pp. 260–273, 2020.

P. Oktavia, “Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Penerima Beasiswa dengan Metode Weighted Product pada SMP Negeri 1 Parung Berbasis Web,” Jurnal Informatika Universitas Pamulang, vol. 3, no. 2, pp. 80–86, 2018.

S. Budiarto, “Strategi Pemasaran Dengan Menggunakan Pendekatan Mark Plus & Co di Kandatel Jakarta,” Jurnal Industri Elektro dan Penerbangan, vol. 3, no. 1, 2020.

R. Ratiyah, H. Hartanti, and E. D. Setyaningsih, “Inovasi dan Daya Kompetitif Para Wirausahawan UMKM: Dampak dari Globalisasi Teknologi Informasi,” Jurnal Ecodemica Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis, vol. 5, no. 2, pp. 152–63, 2021.

H. Sumilu and S. Perdana, “Strategi Pemasaran Di PT Asuransi Astra Buana (Garda OTO) dengan Metode Analytical Network Process Dan Fuzzy Topsis,” IKRA-ITH TEKNOLOGI: Jurnal Sains & Teknologi, vol. 5, no. 1, pp. 17–23, 2021.

Published

2022-12-28

How to Cite

Hafidz, M. Y. . ., & Ristanti , D. M. R. . (2022). Pemilihan Strategi Pemasaran dengan Metode Weighted Product di CV. Mahreem Jaya . Jurnal Ilmiah Teknik Unida, 3(2), 183-189. https://doi.org/10.55616/jitu.v3i2.377

Issue

Section

Articles