Etika Publikasi

ETIKA PUBLIKASI

Etika Publikasi

Standar etika untuk publikasi ada untuk memastikan publikasi ilmiah berkualitas tinggi, kepercayaan publik terhadap temuan ilmiah, dan bahwa orang-orang menerima penghargaan atas ide-ide mereka. Oleh karena itu, tanggung jawab penulis, reviewer, dan editor adalah sebagai berikut:


Tanggung jawab penulis

  • Fabrikasi dan Pemalsuan Data

Penulis tidak boleh melakukan pemalsuan dan pemalsuan data dan kemudian menyajikannya dalam naskah yang diserahkan ke AJEETECH. Fabrikasi data artinya peneliti tidak benar-benar melakukan penelitian, melainkan mengarang data. Pemalsuan data berarti peneliti melakukan percobaan, tetapi kemudian mengubah beberapa data. Kedua praktik ini membuat orang tidak mempercayai ilmuwan.

  • Plagiat

Penulis harus berusaha sebaik mungkin untuk menghindari plagiarisme meskipun ini juga akan diperiksa oleh editor dan reviewer. Plagiarisme dengan mengambil ide dan karya orang lain tanpa memberi mereka penghargaan adalah tidak adil dan tidak jujur. Menyalin bahkan satu kalimat dari naskah orang lain, atau bahkan salah satu dari Anda sendiri yang sebelumnya telah diterbitkan, tanpa kutipan yang tepat dianggap plagiarisme-gunakan kata-kata Anda sendiri sebagai gantinya.

  • Beberapa Pengajuan

Tidak etis untuk mengirimkan naskah yang sama ke lebih dari satu jurnal pada waktu yang sama. Melakukan hal ini membuang waktu editor dan peer reviewer, dan dapat merusak reputasi jurnal jika diterbitkan di lebih dari satu. Oleh karena itu, banyak penyerahan harus dihindari.

  • Publikasi yang berlebihan

Ini juga tidak etis di mana publikasi yang berlebihan atau publikasi 'salami' berarti menerbitkan banyak manuskrip yang sangat mirip berdasarkan eksperimen yang sama. Itu bisa membuat pembaca cenderung tidak memperhatikan manuskrip Anda.

  • Kontribusi penulis yang tidak tepat

Semua penulis yang terdaftar harus telah memberikan kontribusi ilmiah yang signifikan untuk penelitian dalam naskah dan menyetujui semua klaimnya. Jangan lupa untuk membuat daftar semua orang yang memberikan kontribusi ilmiah yang signifikan, termasuk mahasiswa dan teknisi laboratorium.


Tanggung jawab pengulas

  • Kualifikasi

Reviewer bebas untuk menerima atau menolak undangan untuk mereview manuskrip tertentu atas kebijakan mereka sendiri. Mereka tidak boleh menerima tugas review naskah yang mereka rasa tidak memenuhi syarat karena tidak memiliki keahlian untuk melakukan review.

  • Konflik kepentingan

Reviewer harus mengundurkan diri dari penugasan jika mereka mungkin memiliki potensi konflik kepentingan dalam melakukan review, misalnya reviewer dan penulis memiliki hubungan sebagai tim peneliti dalam karya yang diterbitkan, sebagai rekan dalam kelompok penelitian/perusahaan/laboratorium yang sama terkait dengan manuskrip.

  • Kerahasiaan

Informasi atau ide istimewa yang diperoleh reviewer melalui proses peer review harus dijaga kerahasiaannya dan tidak digunakan untuk keuntungan pribadi. Setiap manuskrip yang diterima untuk ditinjau harus diperlakukan sebagai dokumen rahasia, dan tidak boleh ditunjukkan atau didiskusikan dengan orang lain kecuali sebagaimana diizinkan oleh Editor AJEETECH.

  • objektivitas

Saat melakukan ulasan mereka, pengulas diminta untuk melakukannya seobjektif mungkin, menahan diri untuk tidak melakukan kritik pribadi terhadap penulis. Mereka didorong untuk mengungkapkan pandangan mereka dengan jelas, menjelaskan dan membenarkan semua rekomendasi yang dibuat. Mereka harus selalu berusaha untuk memberikan umpan balik yang rinci dan konstruktif untuk membantu penulis dalam meningkatkan pekerjaan mereka, bahkan jika manuskrip tersebut, menurut pendapat mereka, tidak dapat diterbitkan.

  • Kutipan dari sumber lain

Peninjau juga harus mengidentifikasi dalam ulasan mereka karya terbitan yang relevan yang belum dikutip oleh penulis, bersama dengan setiap contoh di mana atribut sumber yang tepat belum disediakan.


Tanggung jawab editor

  • Keputusan

Keputusan akhir untuk menerima atau menolak makalah dibuat oleh editor. Editor berwenang untuk memilih dan menerbitkan artikel berdasarkan rekomendasi dari reviewer. Makalah dapat diterima dengan revisi kecil/besar atau ditolak. Editor dapat berkonsultasi dengan editor rekanan dan anggota tim editorial lainnya, serta dengan pengulas, dalam membuat keputusan publikasi. Redaksi juga memastikan bahwa naskah akhir sudah mengikuti pedoman AJEETECH.

  • Permainan adil

Para editor akan mengevaluasi manuskrip untuk konten ilmiah mereka tanpa memandang ras, warna kulit, jenis kelamin, orientasi seksual, keyakinan agama, asal etnis, kewarganegaraan, atau filosofi politik penulis. Mereka tidak akan mengungkapkan informasi apa pun tentang naskah yang sedang dipertimbangkan kepada siapa pun selain penulis, pengulas dan calon pengulas, dan dalam beberapa kasus anggota dewan redaksi AJEETECH, sebagaimana mestinya. Selain itu, editor akan melakukan segala upaya untuk memastikan integritas proses tinjauan buta dengan tidak mengungkapkan identitas penulis naskah kepada pengulas naskah itu, dan sebaliknya.

  • Kerahasiaan

Naskah yang tidak dipublikasikan akan tetap dirahasiakan dan bahan penelitiannya tidak akan dipublikasikan di tempat lain atau dibagikan tanpa persetujuan dengan penulis.