https://ejournal.unida-aceh.ac.id/index.php/prince/issue/feed Journal of Planning and Research in Civil Engineering 2025-03-27T04:56:29+08:00 Bunyamin bunyamin@unida-aceh.ac.id Open Journal Systems <p>PRINCE: Journal of Planning and Research in Civil Engineering is a peer review journal. The PRINCE is a forum for lecturers and researchers to publish scientific works, both in the form of research results and literature studies in the field of civil engineering.</p> <p>The scope of article can be in the form of research results, latest methods, criticism of certain research results or methods, or laboratory research as well as literature review. The PRINCE is published three times a year, namely March, July and November.</p> <p>Manuscripts that have been submitted by the author will be checked by reviewers by checking whether the manuscript has been written according to the template or not and other procedures.</p> https://ejournal.unida-aceh.ac.id/index.php/prince/article/view/907 Performance Analysis Of Simpang Empat Matang Seulimeng Roundabout, West Langsa District, Langsa City 2025-02-18T01:16:27+08:00 Azkia Salsabila azkia.200110262@mhs.unimal.ac.id Lis Ayu Widari azkia.200110262@mhs.unimal.ac.id Teuku Mudi Hafli azkia.200110262@mhs.unimal.ac.id Said Jalalul Akbar azkia.200110262@mhs.unimal.ac.id Muthmainnah azkia.200110262@mhs.unimal.ac.id <p>In West Langsa District, Langsa City, you can find Gampong Matang Seulimeng. Langsa is now home to a sizable urban population. Obviously, this will lead to daily traffic congestion in Langsa City, which in turn will result in delays, long queues, and congestion at intersections and highways. Many cars, each with its own agenda, starting point and end destination, collide at the roundabout. There are many roads leading to the Simpang Matang Seulimeng Roundabout in Langsa City, including Jalan Prof. A Madjid Ibrahim and Jalan Jendral Sudirman. The research team in Matang Seulimeng wanted to know how well the roundabout at the intersection worked and what kind of side obstacles it encountered. The results of this study, which uses PKJI 2014, suggest a new approach to improve the functionality of roundabouts. The medium class score of 494 was obtained from the data of side obstacles. The saturation degree value is 0.37 (LOS B) on Jl Prof. A. Majid AB. The intersection, 0.53 (LOS B) on Jl. Jenderal Sudirman BC, 0.87 (LOS D) on Jl. Prof. A. Majid CD, and 0.53 (LOS B) on Jl. Jenderal Sudirman DA were determined through roundabout performance analysis. These values indicate stable traffic, unstable traffic, unstable traffic, and stable traffic, respectively.</p> 2025-03-27T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2025 PRINCE : Journal of Planning and Research in Civil Engineering https://ejournal.unida-aceh.ac.id/index.php/prince/article/view/934 Identifikasi Kerusakan Bangunan Rumah yang Terdampak Banjir di Desa Sidodadi Kecamatan Langsa Lama 2025-03-17T08:31:26+08:00 Asmaul Husna asmaulhusnasman1peureulak@gmail.com Lely Masthura asmaulhusnasman1peuereulak@gmail.com Firdasari asmaulhusnasman1peuereulak@gmail.com <p>Desa Sidodadi merupakan daerah yang berdekatan dengan sungai, sehingga sering terjadi banjir setiap tahun. Bencana banjir memiliki dampak yang berpengaruh terhadap bangunan dan penduduk, seperti menganggu mata pencaharian, dan berbagai kegiatan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi sserta menentukan tingkat kerusakan yang terjadi pada rumah permanen yang terdampak banjir. Data diperoleh melalui wawancara dengan pihak Aparatur Desa Sidodadi dan melakukan penyebaran kuesioner kepada masyarakat yang rumahnya terdampak banjir. Hasil wawancara diperoleh 6 jenis kerusakan, meliputi : kerusakan dingding, lantai, kusen pintu,kusen jendela, kolom, dan sloof. Hasil perhitungan tingkat kerusakan terhadap rumah permanen yang terdampak banjir diperoleh nilai kerusakan pada dinding dan lantai presentase <em>severity index </em>(SI) berada pada rentang12,5% - 37,5% termasuk kedalam kategori tidak parah. Kerusakan pada dinding dan lantai tidak terlalu serius dan dapat diperbaiki dengan cara sederhana tanpa memerlukan renovasi besar. Sedangkan tingkat kerusakan pada kusen pintu,kusen jendela, kolom, dan sloof presentase nilai <em>severity index </em>(SI) berada pada rentang 0,00% - 12,5% termasuk kategori sangat tidak parah. kerusakan pada bagain struktur ini hanya tergenang banjir saja.</p> 2025-03-27T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2025 PRINCE : Journal of Planning and Research in Civil Engineering https://ejournal.unida-aceh.ac.id/index.php/prince/article/view/935 Tinjauan U-Turn Terhadap Kinerja Arus Lalu Lintas Pada Ruas Jalan Tentara Pelajar, Merduati, Kota Banda Aceh 2025-03-17T08:23:27+08:00 Bunyamin Bunyamin bunyamin@unida-aceh.ac.id Putri Zahara Phonna putrizaharaphona@gmail.com Heru Pramanda herupramanda@unida-aceh.ac.id Dedek Ariansyah dedekariansyah@unida-aceh.ac.id Jefriza Jefriza jefriza@unida-aceh.ac.id <p>Pertumbuhan penduduk dan ekonomi di Kota Banda Aceh mengakibatkan perpindahan besar-besaran dari desa ke kota. Kondisi ini menuntut penyediaan infrastruktur jalan yang memadai untuk memastikan kelancaran pergerakan. Namun, tingginya volume lalu lintas sering kali menimbulkan konflik di persimpangan dan <em>U- Turn</em>. Salah satunya adalah di ruas Jalan Tentara Pelajar, Merduati, Kota Banda Aceh, di mana beberapa kendaraan mengalami kesulitan dalam melakukan <em>manuver U-Turn </em>secara lancar. Penelitian ini bertujuan untuk memahami karakteristik arus lalu lintas dan pengaruh fasilitas <em>U-Turn</em> terhadap arus lalu lintas di bukaan median jalan. Penelitian ini dilaksanakan dengan berpedoman kepada MKJI 1997. Data dari penelitian ini diolah dan dianalisis untuk mengevaluasi pengaruh <em>U-Turn</em> terhadap kecepatan, kepadatan dan volume lalu lintas. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa volume lalu lintas tertinggi terjadi pukul 17.00-18.00 WIB di berbagai hari pengamatan. Pada hari senin, volume tertinggi mencapai 1269,10 smp/jam serta pada hari kamis dan minggu, volume tertinggi masing-masing adalah 1207,70 smp/jam dan 1251,75 smp/jam. Kecepatan terendah pada arus terganggu tercatat pada hari kamis, sebesar 13,14 km/jam. Kemudian Kepadatan tertinggi terjadi pada hari kamis, untuk arus terganggu adalah 164,78 kend/km. Nilai derajat kejenuhan yaitu pada hari senin mewakili volume kendaraan tertinggi didapatkan DS &lt; 0,75 yaitu sebesar 0,45, sehingga Tingkat Pelayanannya (LOS) dikategorikan C: 0,45 - 0,74 Arus stabil, kecepatan. Hal ini menunjukkan bahwa <em>U- Turn </em>mempengaruhi distribusi lalu lintas secara signifikan, terutama pada jam-jam puncak.</p> 2025-03-27T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2025 PRINCE : Journal of Planning and Research in Civil Engineering https://ejournal.unida-aceh.ac.id/index.php/prince/article/view/936 Perbandingan Biaya Kontrak dan Mutual Check Awal Pada Pekerjaan Pelat Lantai 2025-03-17T08:25:25+08:00 Bunyamin Bunyamin bunyamin@unida-aceh.ac.id Rafizal Sabri rafizalsabri2@gmail.com Heru Pramanda herupramanda@unida-aceh.ac.id Dedek Ariansyah dedekariansyah@unida-aceh.ac.id Kamalia Kamalia Kamaliasarjan@gmail.com <p>Pembangunan &nbsp; Gedung Badan Pengelolaan Keuangan Aceh Tahap II dilakukan beberapa tahun anggaran, di mana pada tahun 2023 ialah pekerjaan lanjutan dengan nilai kontrak sebesar Rp. 14.700.000.000, diperuntukkan untuk melanjutkan pekerjaan struktur beton bertulang dari lantai 1 sampai dengan lantai 7, yang dikerjakan oleh PT. Pitra Sari Rahayu dengan masa kontrak 111 hari kalender. Lokasi proyek berada di Desa Kuta Baru, Kota Banda Aceh. Permasalahan penelitian ini adalah pada saat pengukuran kondisi eksisting lapangan terdapat perbedaan dimensi antara dimensi gambar rencana dengan dimensi lapangan, sehingga perbedaan tersebut sangat berpengaruh terhadap kuantitas, biaya, waktu pelaksanaan dan tenaga kerja. Adapun tujuan penelitian adalah untuk memastikan biaya aktual sesuai anggaran yang direncanakan dan mengidentifikasi perbedaan antara estimasi awal dan biaya sebenarnya. Penelitian ini menggunakan dua metode yaitu studi perbandingan dan <em>survey</em> lapangan, metode studi perbandingan diambil dari data <em>field engineering</em> dari kontraktor pelaksana dan konsultan manajemen konstruksi. Sedangkan untuk estimasi perhitungan, kuantitas pekerjaan menggunakan metode <em>konvensional </em>dengan mengambil gambar kerja <em>shop drawing, Bill Of Quantity</em>, dan dimasukkan ke dalam program <em>Microsoft Excel 365</em> untuk memperoleh data yang diperlukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah biaya kontrak sebesar Rp. 484.991.082 dan biaya mutual check awal sebesar Rp. 889.791.678, dengan persentase perbandingan biaya bertambah sebesar 45,49 %.</p> 2025-03-27T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2025 PRINCE : Journal of Planning and Research in Civil Engineering https://ejournal.unida-aceh.ac.id/index.php/prince/article/view/937 Optimalisasi Bukaan Median dan Dampaknya terhadap Arus Lalu Lintas di Jalan Teuku Umar - Banda Aceh 2025-03-17T08:29:03+08:00 Heru Pramanda herupramanda@unida-aceh.ac.id Rendy Maulana rendi.maulanaa111@gmail.com Muhajjir Muhajjir muhajjir@unida-aceh.ac.id M Reza Hani mrezahani@unida-aceh.ac.id Azzaki Mubarak azzakimubarak12@gmail.com <p>Untuk mengakomodir pergerakan lalu lintas, pada ruas jalan dimungkinkan memiliki beberapa titik bukaan median yang memungkinkan kendaraan merubah arah perjalanan berupa gerakan putar balik arah atau diistilahkan sebagai gerakan U-Turn. Kendaraan saat melakukan gerak U-Turn pada bukaan median membutuhkan lebih banyak waktu, sehingga berakibat tertundanya pengguna jalan baik yang searah maupun berlawanan arah. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana pengaruh Gerak U-Turn pada bukaan median terhadap karakteristik arus lalu lintas Di Ruang Jalan Teuku Umar Banda Aceh (Studi Kasus Depan Pasar Seutui). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa waktu tempuh rata-rata kendaraan yang akan melakukan U-Turn, panjang antrian saat melakukan U-Turn, serta waktu tempuh rata-rata kendaraan yang terganggu dan tidak terganggu akibat U-Turn dan untuk mengetahui tingkat pelayanan pada jalan Teuku Umar. Manfaat dari penelitian ini adalah dapat memperkaya pengalaman dan dapat dijadikan tambahan referensi untuk melakukan studi mengenai kemacetan lalu lintas, khususnya pada area bukaan median jalan Di Ruang Jalan Teuku Umar Banda Aceh. Metode yang digunakan pada peneleitian ini adalah Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Hasil yang diperoleh dari penelitian ini jumlah volume arus lalu lintas kendaraan (Qtotal) dari arah Sp. Tiga menuju Sp. Jam 1546 smp/jam sedangkan arah Sp. jam menuju Sp. Tiga 1685 smp/jam. Dengan nilai derajat kejenuhan (DS) Sp. Tiga – Sp. Jam 0,43 dan arah Sp. Jam – Sp. Tiga 0,47 sehingga dikategorikan tingkat pelayanan level of service (LOS)&nbsp; C maka kondisi jalan tersebut memiliki arus yang stabil, kecepatan dipengaruhi oleh lalu lintas dan volume pelayanan jalan sesuai untuk perencanaan jalan kota. Nilai Kapasitas jalan di dalam kondisi aman serta sanggup menampung arus pada jalan tersebut dikarenakan nilai kapasitas perhitungan diperoleh sebesar 3607 smp/jam belum melebihi dari nilai kapasitas dasar yaitu sebesar 4950 smp/jam.</p> 2025-03-27T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2025 PRINCE : Journal of Planning and Research in Civil Engineering https://ejournal.unida-aceh.ac.id/index.php/prince/article/view/938 Dampak U-Turn terhadap Kelancaran Pengguna Flyover di Simpang Surabaya 2025-03-17T08:27:32+08:00 Heru Pramanda herupramanda@unida-aceh.ac.id Muhammad Deza dezamuhammad5@gmail.com Dedek Ariansyah dedekariansyah@unida-aceh.ac.id Imransyah Idroes idroesimransyah@gmail.com Bunyamin Bunyamin bunyamin@unida-aceh.ac.id <p>Peningkatan prasarana transportasi dilakukan dalam beberapa bentuk misalnya penataan system transportasi secara terpadu, termasuk pada ruas jalan dapat dilakukan pemasangan median yang juga diikuti dengan pembukaan jalan berupa U-Turn. Fasilitas U-Turn tidak secara keseluruhan mengatasi masalah konflik, sebab U-Turn itu sendiri akan menimbulkan permasalahan konflik tersendiri. Kota Banda Aceh sebagai kota dengan tingkat kepadatan penduduk yang tinggi, memiliki masalah kemacetan di berbagai titik. Salah satunya di Simpang Surabaya. Walaupun pemerintah telah mengupayakan masalah penataan tarnsportasi di daerah tersebut dengan pembangunan flyover, namun, perlu dipelajari dampak dari pembangunan flyover, terutama terkait dengan penggunaan jalan pada persimpangan tanjakan dan turunan flyover. Tidak dapat dipungkiri adanya U-Turn di area flyover memberi dampak bagi pola pergerakan kendaraan. Penelitian difokuskan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh U-Turn bagi pergerakan kendaraan di area flyover Simpang Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, yang digunakan untuk meneliti dengan menggunakan angka dan statistik dalam pengumpulan serta analisis data yang dapat diukur. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Pengolahan data dilakukan dengan Statistical Product and Service Solution (SPSS), berupa metode analisis linear berganda, koefisien determinasi, uji F, uji t, dan menentukan uji korelasi. Dari hasil penelitian pengaruh u-turn terhadap pengguna flyover pada Simpang Surabaya sangat berpengaruh, didapatkan model yang terbaik yaitu Y = 0,724 X8 + 0,795 X10 + 0,896 X11, merupakan model regresi yang sesuai menggambarkan pengaruh 3 (tiga) variabel bebas, Cuaca (X8), Pengaruh Waktu Perjalanan (X10) dan Opsi Alternatif Rekayasa (X11) yang secara bersamaan mempengaruhi pengguna kendaraan (Y).</p> 2025-03-27T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2025 PRINCE : Journal of Planning and Research in Civil Engineering https://ejournal.unida-aceh.ac.id/index.php/prince/article/view/941 Tinjauan Ulang Struktur Pondasi Gedung Imigrasi Kelas I Banda Aceh-Aceh Dari Pondasi KSLL Ke Pondasi Tiang Pancang 2025-03-20T02:45:42+08:00 Munirul Hady munirulhady@usk.ac.id Bunyamin Bunyamin bunyamin@unida-aceh.ac.id Samsul Bahri munirulhady@usk.ac.id <p style="text-align: justify;"><span style="font-size: 11.0pt;">Pemilihan bentuk dan jenis pondasi pada bangunan sangat dipengaruhi oleh kondisi tanah. Kesalahan dalam pemilihan pondasi dapat menyebabkan kerusakan bangunan. Oleh karena itu, penelitian yang mendalam diperlukan untuk menentukan struktur pondasi yang tepat guna memastikan keamanan dan kekokohan bangunan. Dalam konteks pembangunan Gedung Imigrasi Kelas I di Banda Aceh, permasalahan muncul terkait dengan pemilihan struktur pondasi yang optimal. Apakah penggunaan pondasi tiang pancang dapat menjadi alternatif yang memadai untuk menggantikan pondasi Konstruksi Sarang Laba-Laba (KSLL) yang telah direncanakan sebelumnya. Objek penelitian adalah Gedung Imigrasi Kelas I di Banda Aceh. Data primer diperoleh dari survei lapangan, sedangkan data sekunder diperoleh dari as built drawing dan peta wilayah. Pemodelan bangunan dilakukan menggunakan program ETABS sesuai standar pembebanan SNI 2847-2019. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah penggunaan pondasi tiang pancang memenuhi persyaratan sebagai alternatif desain pengganti pondasi KSLL pada Gedung Imigrasi Kelas I di Banda Aceh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan tiang pancang dapat menjadi alternatif yang memadai untuk menggantikan pondasi KSLL. Struktur gedung baja mungkin menawarkan efisiensi dalam penggunaan material, ditunjukkan oleh penggunaan tiang pancang dengan diameter yang lebih kecil dan panjang yang lebih pendek. Pada bangunan dengan struktur beton, digunakan tiang pancang berdiameter 30 cm dengan panjang 5 m, sementara pada bangunan dengan struktur baja, digunakan tiang pancang berdiameter 20 cm dengan panjang 4 m. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan tiang pancang sebagai alternatif pondasi dapat menjadi solusi yang memadai. Perbandingan antara struktur baja dan beton memberikan wawasan tentang berbagai opsi konstruksi yang tersedia, mempertimbangkan kekuatan, stabilitas, dan faktor-faktor teknis lainnya. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam peningkatan pemahaman tentang pemilihan struktur pondasi yang tepat untuk bangunan gedung, khususnya Gedung Imigrasi Kelas I di Banda Aceh.</span></p> 2025-03-27T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2025 PRINCE : Journal of Planning and Research in Civil Engineering