Strategi Pengelolaan Zakat di Baitul Mal Kota Banda Aceh dan Dampaknya Terhadap Pemberdayaan Ekonomi Mustahiq

Authors

  • Fitri Nurafikah Universitas Iskandarmuda Banda Aceh
  • Salahuddin Salahuddin Universitas Iskandarmuda Banda Aceh
  • Rafiqah Rafiqah Universitas Iskandarmuda Banda Aceh

Abstract

Zakat merupakan harta yang wajib dikeluarkan oleh umat muslim atau badan usaha untuk diberikan kepada golongan yang berhak menerimanya sesuai dengan syariat islam, Baitul Mal terus mungumpulkan dana zakat dengan berbagai cara, agar dana zakat yang dikumpulkan terus meningkat dari tahun ke tahun. Baitul Mal merupakan lembaga daerah yang berwenang melakukan pengelolaan zakat dan harta agama lainnya. Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengelolaan zakat di Baitul Mal Kota Banda Aceh dan dampak pengelolaan zakat terhadap pemberdayaan mustahik. Penelitian ini bermanfaat untuk perkembangan ilmu muamalat di masyarakat ataupun dikalangan eksekutif mengenai strategi penggunaan zakat pada Baitul Mal Kota Banda Aceh, serta dapat meningkatkan tingkat perekonomian masyarakat yang ada di Banda Aceh. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dimana penelitian ini diarahkan untuk mendeskripsikan dan menganalisa data yang ada. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berbentuk Observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan menggunakan Purposive Sampling untuk memudahkan peneliti dalam melakukan wawancara dengan informan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan adanya zakat dapat meningkatkan pendapatan, konsumsi dan juga pendidikan para mustahik, zakat dapat mengurangi kemiskinan dan memperkecil kesenjangan pendapatan para penerima zakat. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah startegi pengelolaan zakat sudah cukup baik dilaksanakan dan dapat meningkatkan kepercayaan para muzakki dan dampaknya terhadap mustahik dapat meningkatkan pendapatan konsumsi dan pendidikan.

References

Abbas, Ahmad Sudirman. (2017). Zakat Dan Ketentuan Pengelolaannya, Jakarta:CV

Anugerah Berkah Sentosa.

Akbar, Wahyu dan Jefry Tarantang. (2018). Manajemen Zakat, Yogjakarta: K-Media.

Ali, Nuruddin Mhd. (2006). Zakat Sebagai Instrumen Dalam Kebijakan Fiskal, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Arikunto, (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.

Furqon, Ahmad. (2015). Manajemen Zakat, Semarang: BPI Ngaliyan.

Hamka. (2013). Panduan Zakat Praktis, Jakarta: Kementerian Agama Republik Indonesia.

Hasibuan, Malayu SP (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan keempatbelas, Jakarta: Bumi Aksara.

Moleong, L.J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nazir, Mohd. (2014). Metode Penelitian, Bogor: Ghalia Indonesia.

Oslami, A. F., & Fatahillah, Z. (2022). ‘Uqubat Terhadap Jarimah Zina Yang Melibatkan Anak. Jurnal Yudisial, 14(3), 375-393.

Saryono, (2010). Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Alfabeta.

Sari, E., & Muthalib, S. A. (2022). Analisis Yuridis Terhadap Penolakan Nafkah Madhiah Isteri Dan Anak. Al-Qadha: Jurnal Hukum Islam dan Perundang-Undangan, 9(2), 306-322.

Soetomo, (2011). Pemberdayaan Masyarakat, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sohrah. (2012). Zakat dan Kebijakan Fiskal Meretas Akar-Akar Kemiskinan, Makassar: Alauddin University Press.

Subhan, M. (2013). Kamus Fiqh, Jawa Timur: Lirboyo Press.

Sudarmanto. Eko. (2013). Pembangun Dan Pemberdayaan, Bandung: Yayasan Kita Menulis.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D), Bandung: Penerbit CV. Alfabeta.

Zubaedi. (2013). Pengembangan Masyarkat. Jakarta: Kencana.

Daniel (wordpres.com diakses tanggal 25 April 2021)

Utami, Siti halida (2014). Pengaruh Pemberdayaan Zakat Produktif Terhadap Pemberdayaan Mustahik Di Medan ( Studi Kasus Pada Masyarakat Kota Medan). Jurnal Ekonomi dan Keuangan.

Wahyuni, Eka Tri (2017). Pembagian Zakat Fitrah Kepada Mustahik: Studi Komparatif Ketentuan Ashnaf Menurut Imam Syafi’I dan Imam Malik. Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah

Peraturan Walikota Banda Aceh (Nomor 70 Tahun 2011).

Published

2022-08-09

How to Cite

Nurafikah, F., Salahuddin, S., & Rafiqah, R. (2022). Strategi Pengelolaan Zakat di Baitul Mal Kota Banda Aceh dan Dampaknya Terhadap Pemberdayaan Ekonomi Mustahiq. Al-Ahkam: Jurnal Syariah Dan Peradilan Islam, 2(1), 62-85. Retrieved from https://ejournal.unida-aceh.ac.id/index.php/jspi/article/view/289