PERAN PEJABAT PENGELOLA INFORMASI DAN DOKUMENTASI DALAM PELAYANAN INFORMASI PUBLIK PADA SEKRETARIAT DPR ACEH

Authors

  • Muhammad Saleh Universitas Iskandar Muda
  • Ismail Ismail Universitas Iskandar Muda
  • Alwi Ibrahim Universitas Iskandar Muda

Keywords:

PPID dan Keterbukaan Informasi Publik

Abstract

Informasi merupakan kebutuhan utama setiap orang, dan  informasi semakin dibutuhkan oleh banyak orang untuk mengembangkan kepribadian pada lingkungan sosialnya. Atas dasar informasi banyak hal telah tercipta, termasuk salah satunya teknologi yang semakin berkembang. Bagian terpenting dalam berkomunikasi adalah informasi, karena tanpa informasi yang baik seseorang tidak akan bisa berkomunikasi dengan baik pula dan tanpa informasi juga seseorang tidak akan mampu untuk berkembang ke arah yang lebih baik.

Dalam pengelolaan informasi publik peran pejabat pengelola melalui komunikasi dan koordinasi sangat menentukan. Fakta imperis peran pejabat dalam melakukan koordinasi dan berkomunikasi dalam pelayanan publik relatif masih rendah.

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui dan menganalisis peran pejabat pengelola informasi dan dokumentasi dalam pelayanan informasi publik pada Sekretariat DPR Aceh dan untuk (2) mengetahui dan menganalisis faktor-faktor pendukung dan penghambat peran pejabat pengelola informasi dan dokumentasi dalam Pelayanan Informasi Publik pada Sekretariat DPR Aceh.

Metodelogi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara secara mendalam kepada informan, dan studi kepustakaan, dengan informan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Aceh; Sekretaris DPR Aceh; Sekretariat Pengelola PPID Sekretariat DPR Aceh; Kepala UPTD Seuramo Informasi sebagai Pelaksana Harian PPID Utama; dan Penerima layanan atau Masyarakat.

“Peran pejabat pengelola informasi dan dokumentasi  dalam pelayanan informasi publik pada sekretariat DPR Aceh” Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa pejabat pengelola informasi pada sektariat DPR Aceh memahami dan sangat memandang perlu adanya suatu peningkatan kapasitas para personil pengolola informasi pada Sektariat DPR Aceh mengingat betapa pentingnya peran informasi baik di lingkungan sebuah lembaga pemerintah, organisasi, maupun masyarakat secara keseluruhan. Sebagaimana amanah tertuang dalam Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan Informasi Publik. Namun di sisi lain kami masih melihat minimnya pengetahuan tentang bagaimana tata cara mengelola informasi yang baik pada pejabat pengelola informasi pada Sektariat DPR Aceh, hal ini dipicu oleh ketidaksetaraan pemahaman-pemahaman pemerintah Aceh secara umum sebagai PPID Utama pada Sekretaris Daerah Aceh relatif masih sangat rendah sehingga pagu anggaran yang dibutuhkan  untuk mendukung sarana dan prasarana pada PPID pembantu sekretariat DPR Aceh masih kurang. Oleh karena itu pemerintah Pusat memandang perlu membuat struktur oprasional tata kelola (SOTK) baru sehingga dibentuk suatu lembaga khusus untuk menangani layanan informasi publik yaitu Dinas Komunikasi dan Informasi Aceh.

Published

2021-04-28

How to Cite

Saleh, M., Ismail, I., & Ibrahim, A. (2021). PERAN PEJABAT PENGELOLA INFORMASI DAN DOKUMENTASI DALAM PELAYANAN INFORMASI PUBLIK PADA SEKRETARIAT DPR ACEH. JURNAL ILMU ADMINISTRASI, 7(1), 15-30. Retrieved from https://ejournal.unida-aceh.ac.id/index.php/jia/article/view/81

Issue

Section

Articles