Teknik Penilaian dan Pembuatan Soal Berdasarkan Level Kognitif di SMP Negeri 3 Ingin Jaya
DOI:
https://doi.org/10.55616/ikhlas.v1i1.414Keywords:
Teknik Penilaian, Pembuatan Soal, Level KognitifAbstract
Penilaian termasuk komponen penting yang terdapat dalam sistem pendidikan untuk menganalisis perkembangan dan tingkat pencapaian dari hasil pembelajaran. Pengukuran melalui tes prestasi akademik merupakan salah satu penilaian Pendidikan yang dilakukan. Maka perancangan kisi-kisi soal perlu melihat kesesuaian dengan level kognitif yang ditetapkan kementrian Pendidikan. Tujuan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan kreatifitas guru sekolah SMP Negeri 3 Ingin Jaya dalam membuat soal berdasarkan level kognitif. Metode yang digunakan adalah tutorial, tanya jawab dan demonstrasi. Dalam kegiatan seminar peserta menunjukkan sikap yang aktif dan antusias dalam bertanya terkait kriteria soal berdasarkan level kognitif, sehingga diketahui bahwa guru SMP Negeri 3 Ingin Jaya telah merancang soal berdasarkan level kognitif yang ditetapkan oleh Peraturan Menteri Pendidikan, Namun masih perlu ditingkatkan lagi karena perancangan soal belum sempurna yaitu berada pada level kognitif 1 dan 2, dengan kata lain mengacu pada kriteria C1, C2 dan C3. Sedangkan untuk menuju level kognitif 3 yaitu berbasis HOTS yang mengacu pada kriteria soal C4, C5 dan C6 masih dalam tahap penjajakan.
References
Agustina, N. K. (2018). Analisis Soal Dalam Buku Teks Matematika SMP Kelas VII Berdasarkan Pada Taksonomi Bloom Revisi (Skripsi). Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Surabaya.
Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2010). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen (Terj. Agung Prihantoro). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arifin, Z. (2019). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Awaliyah, S. (2018). Penyusunan soal HOTS bagi guru PPKN dan IPS Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial (JPDS), 1(1), 46-53. http://dx.doi.org/10.17977/um032v0i0p48-55
Laila, N. (2019). Meningkatkan Kemampuan Guru IPS dan PPKn dalam Menyusun Soal HOTS Melalui Workshop di Kota Mojokerto. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 5(2), 19- 24.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 22 Tahun (2016). Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
Susilo. (2011). Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Pustaka Buku Publisher.
Ramadhani. (2022). Analisis Level Soal Dan Level Kognitif Soal (Skripsi). Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh.