Evaluasi Pembelajaran Menggunakan Google Form dan Quizizz
DOI:
https://doi.org/10.55616/ikhlas.v1i1.411Keywords:
Evaluasi, Google Forms, QuizizzAbstract
Pelaksanaan proses belajar mengajar tidak dapat dilepaskan dari penilaian hasil belajar. Di era modern dimana teknologi berkembang pesat seperti saat ini, salah satu tanggung jawab dari pendidikan adalah menyiapkan anak didik bangsa yang berkualitas untuk masa depan Indonesia yang lebih baik. Profesionalisme guru memegang peranan penting dalam peningkatan mutu pendidikan. Selain memiliki pengetahuan yang tinggi dalam substansi bidang mata pelajaran, seorang guru juga perlu menunjukkan keterampilannya secara unggul dalam pemanfaatan teknologi termasuk dalam proses penilaian hasil belajar siswa. Hal ini dirasa penting sekali agar pengajar tidak hanya menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi pada saat penyampaian materi saja, tetapi melengkapinya juga ketika melakukan evaluasi. Pelaksanaan program pengabdian ini telah dilaksanakan dalam tiga sesi. Sesi pertama merupakan demontrasi tentang penggunaan aplikasi berbasis web Quizizz, sesi kedua tentang pemaparan media yang dapat digunakan dalam evaluasi pembelajaran yaitu Google Forms dan Quizizz. Sesi ketiga adalah diskusi dan tanya jawab yang berakhir pada kesimpulan bahwa kedua aplikasi ini sangat efektif dan efisien digunakan dalam proses penilaian hasil belajar siswa.
References
Iqbal, M., Rosramadhana, R., Amal, B. K., & Rumapea, M. E. (2018). Penggunaan Google Forms Sebagai Media Pemberian Tugas Mata Kuliah Pengantar Ilmu Sosial. JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 120-127. https://doi.org/10.24114/jupiis.v10i1.9652
Kurniawan, M. C. D., & Huda, M. M. (2020). Pengaruh Penggunaan Quizizz Sebagai Latihan Soal Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD. Jurnal Pena Karakter, 3(1), 37-41.
Mardiana, T., & Purnanto, A. W. (2017). Google Form Sebagai Alternatif Pembuatan Latihan Soal Evaluasi. Proceeding of The 6th University Research Colloquium: Seri Pengabdian Kepada Masyarakat. 9 September 2017, Universitas Muhammadiyah Magelang, Magelang.
Mulatsih, B. (2020). Penerapan Aplikasi Google Classroom, Google Form, dan Quizizz dalam Pembelajaran Kimia di Masa Pandemi Covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 16-26. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.129
Nizaruddin, N., Muhtarom, M., & Nugraha, A. E. P. (2021). Pelatihan Penggunaan Quizizz sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Daring. E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat), 12(2), 291-296. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v12i2.6417
Noor, S. (2020). Penggunaan Quizizz dalam Penilaian Pembelajaran Pada Materi Ruang Lingkup Biologi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X.6 SMAN 7 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Hayati, 6(1), 1-7. https://doi.org/10.33654/jph.v1i1.927
Parinata, D., & Puspaningtyas, N. D. (2021). Optimalisasi Penggunaan Google Form terhadap Pembelajaran Matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 56-65. https://doi.org/10.33365/jm.v3i1.1008
Purba, L. S. L. (2019). Peningkatan Konsentrasi Belajar Mahasiswa Melalui Pemanfaatan Evaluasi Pembelajaran Quizizz Pada Mata Kuliah Kimia Fisika I. Jurnal Dinamika Pendidikan, 12(1), 29-39. https://doi.org/10.51212/jdp.v12i1.1028
Sianipar, A. Z. (2019). Penggunaan Google Form Sebagai Alat Penilaian Kepuasan Pelayanan Mahasiswa. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research), 3(1), 16-22.
Sodiq, M., Mahfud, H., & Adi, F. P. (2021). Persepsi Guru Dan Peserta Didik Terhadap Penggunaan Aplikasi Berbasis Web "Quizizz" Sebagai Media Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Didaktika Dwija Indria, 9(5). https://doi.org/10.20961/ddi.v9i6.49324